Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Guru Dituntut Kembangkan Potensi Peserta Didik

Guru Dituntut Kembangkan Potensi Peserta Didik

Tangerang,fesbukbantennews (30/4/205) – USAID PRIORITAS Banten baru saja menggelar pelatihan praktik yang baik dalam pembelajaran tingkat SD/MI di Kota Tangerang Selatan selama empat hari. Pelatihan diikuti oleh puluhan guru yang berasal dari 17 SD/MI di wilayah Tangerang Selatan yakni SD Alam Madinah, MI Roudotul Jannah, MI Yaspita, SDN Lengkong Karya, MI I’anatul Huda, SDN Jelupang 3, SDN Jelupang 2, SDN Jelupang 1, SDN Bakti Jaya, SDN Babakan 1, SDN Muncul 1, SDN Kademangan 1, SDN Kademangan 2, SD Islam Al Amanah, MI Nurul Falah, MI Mathaul Anwar dan SDN Puspitek.

USAID Prioritas di Serpong

USAID Prioritas di Serpong

Imelda, guru SDN Muncul Satu Kecamatan Setu menuturkan bahwa pengalaman pelatihan yang dialaminya selama empat hari membantunya untuk mempersiapkan strategi pembelajaran dengan baik. “Saya senang ikutserta dalam pelatihan ini. Karena pelatihan ini memperkuat imajinasi saya sebagai guru untuk mempersiapkan metode dan strategi pembelajaran yang disukai siswa. Terbukti, siswa menyukai metode yang saya terapkan dalam praktik mengajar tadi,” seru Imelda yang melakukan praktik mengajar di SDN Jelupang 2 Kecamatan Serpong Utara (29/4).

Untuk memperkuat kapasitas guru SD/MI dalam PAKEM, USAID PRIORITAS membekali materi seperti mengelola pembelajaran yang efektif, memahami kurikulum, melayani perbedaan individu dalam pembelajaran, menyusun pertanyaan tingkat tinggi dan lembar kerja, penilaian autentik, memahami gender dalam pendidikan, literasi lintas kurikulum dan praktik mengajar.

“Kami mempersiapkan guru SD/MI agar terampil dalam mengembangkan potensi siswa agar siswa aktif dan kreatif. Jika metode pelatihan ini disukai oleh para guru, apalagi para siswa bilamana menerapkan kembali di sekolah,” ujar Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS. “Di hari terakhir pelatihan, peserta diajak untuk melakukan simulasi praktik mengajar di sekolah-sekolah sekitar. Kemudian mereka juga bersama kepala sekolah menyusun rencana tindak lanjut untuk mengembangkan hasil pelatihan di tingkat sekolah,” tambah Rifki sekali lagi yang hadir dalam penutupan pelatihan.

Dalam penutupan pelatihan tersebut, Hasyim Afandi, M.Pd., Kasi Evaluasi dan Kinerja Guru Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan yang menutup secara resmi, mengungkapkan bahwa guru dituntut untuk mengembangkan potensi peserta didik. “Guru harus dapat melaksanakan pembelajaran yang baik. Pembelajaran yang baik meliputi perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang sesuai dengan standar. Setiap siswa punya potensi. Oleh karena itu, saya mengajak para guru di sini agar bisa mengembangkan potensi peserta didik kita,” seru Hasyim Afandi di hadapan puluhan peserta pelatihan.(LLJ)

Kiriman: Anna USAID Prioritas Banten

Copyright @2016 FBn