Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Ups, di Kota Serang Harga Jengkol Jauh Lebih Mahal dari Ayam Potong

Ups, di Kota Serang Harga Jengkol Jauh Lebih Mahal dari Ayam Potong

Serang,fesbukbantennews (4/6/2015) Bagi penggemar jengkol, nampaknya akan gigit jari dengan kenaikan harga yang melambung tinggi.

Jengkol (net)

Jengkol (net)

Harga sayur-mayur beraroma khas tersebut kini sulit dijumpai di Serang-Banten. Bahkan, jika menemukan, harga nya mencapai Rp 60 ribu perkilogram untuk kualitas sedang.

“Harga sampai Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu perkilonya,” kata pedagang jengkol di Pasar Induk Rau (PIR), Tarmidzi (47), saat ditemui dilapak dagangannya, Kamis (04/06/2015).

Jika dibandingkan dengan harga ayam potong yang per ekornya hanya Rp 24 ribu, maka dengan harga jengkol yang seperti sekarang ini, anda setidaknya bisa mendapatkan hampir tiga ekor ayam potong.

“Biasanya 1,5 kuintal jualannya, sekarang cuma 20 kilo aja. Dapet barang (jengkol) dari Palembang,” katanya.

Berdasarkan peenelusuran di Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang, hanya dirinya saja yang berjualan jengkol. Bahkan, di Pasar Lama, Kota Serang, stok jengkol tak lagi ditemukan.

Menurut warga Taktakan, Kota Serang yang sudah berjualan jengkol selama 15 tahun ini mengatakan bahwa, harga jengkol muda saja kini mencapai Rp 40 ribu yang biasanya hanya dijual seharga Rp 10 ribu per kilogramnya.

Menurut Tarmidzi, harga jengkol sudah merangkak naik semenjak hampir dua bulan terakhir. Bahkan, dirinya tak jarang hanya mendapatkan empat kilogram stok jengkol dari petani.

“Pelanggan banyak yang ngeluh. Susah sekarang (dapet jengkol), soalnya lagi ga musim. Jangan sampai kaya tahun kemarin, bisa sampai Rp 100 ribu per kilogramnya,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2016 FBn