Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » SDN 3 Kutakarang Pandeglang; Berdinding Bilik Bambu, Berlantaikan Tanah
SDN 3 Kutakarang Pandeglang; Berdinding Bilik Bambu, Berlantaikan Tanah

SDN 3 Kutakarang Pandeglang; Berdinding Bilik Bambu, Berlantaikan Tanah

Pandeglang,fesbukbantennews.com (3/5/2016) – Sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Pandeglang, hingga saat ini masih saja memprihatinkan. Puluhan murid di Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Kutakarang, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang harus belajar dengan kondisi bangunan tidak layak, bahkan hampir mirip  kandang ternak. 

SDN 3 Kutakarang Pandeglang; Berdinding Bilik Bambu, Berlantaikan Tanah

SDN 3 Kutakarang Pandeglang; Berdinding Bilik Bambu, Berlantaikan Tanah

Bangunan sekolah yang terbuat dari bilik bambu layaknya kandang ternak, sudah hampir tujuh Tahun belum juga ada perbaikan. Dengan jumlah 6 ruang kelas, dan satu ruang guru. Hingga saat ini jumlah murid mencapai 90 orang.

Menurut salah satu guru yang mengajar di SDN 3 Kutakarang tersebut pasrah dengan harus belajar dalam kondisi seperti iini. Selain itu para murid juga harus belajar dengan kondisi bocor jika dimusim penghujan tiba.

“Kamis sudah mengajukan proposal perbaikan gedung sekolah, bahkan sering. Sudah hampir tujuh tahun kondisi sekola seperti ini. Sampai saat ini belum ada bantuan dari dinas terkait, maupun pemerintah daerah sendiri,” kata Endang Tirtalaksana, selaku guru SDN 3 Kutakarang. Senin, (02/05/2016).

Selain itu, lanjut Endang, para murid juga harus rela pakaian mereka kotor akibat lantai sekolah mereka yang masih beralaskan tanah. Tak jarang dari mereka pun yang harus kesekolah tanpa menggunakan sepatu.

“Banyak murid di sini tidak memakai sepatu, hanya memakai sandal jepit, dan ada juga yang tidak memakai seragam, hanya memaki kaos biasa, karna jika hujan lantainya jadi becek dan lantai tergenang air, kebanyakn yang sekolah di sini orang-orang dari keluarga miskin,” katanya.

Para murid yang harus menempuh jalan hingga satu kilo meter setiap harinya untuk bisa mengenyam pendidikan. Hanya bisa berharap sekolah mereka segera diperbaiki/ dan layaknya seperti sekolah-sekolah yang lain yang ada di pusat kota Pandeglang.

“Saya senang karna bisa sekolah, engga apa-apa walupun jauh juga kesekolah, walaupun jalan kaki, tapi kita tetap semangat untuk sekolah, saya minta sekolah kami segera diperbaiki, agar kami bisa belajar dengan nyaman,” kata Nanik, siswi murid kelas 6 SDN 3 Kutakarang. (man/LLJ)

Copyright @2016 FBn