Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » WNA Coba Selundupkan Hewan Langka dari Bandara Soekarno-Hatta

WNA Coba Selundupkan Hewan Langka dari Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang,fesbukbantennews.com(9/11/2015) – Coba selundupkan hewan langka asal Kalimantan, Owa, Warga Negara Asing (WNA) Tamila F Basmanova, asal Kuwait, ditangkap oleh petugas Avsec dan Balai Karantina di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (7/11/2015).

Ilustrasi.(net)

Ilustrasi.(net)

“Dia kedapatan membawa dua hewan langka jenis Owa atau kera kecil untuk kembali ke negaranya (Kuwait),” kata Humas Polres Bandara Soetta, AKP Endang Sutrisna, Minggu (08/11/2015).

Dari keterangan awal pelaku, dia sengaja datang ke Jakarta untuk mencari dan membeli Owa ini. Selanjutnya, dia mendapat informasi kalau di Pasar Pramuka Jakarta hewan langka tersebut dijual bebas.

Sesampainya di Pasar Pramuka, wanita berjilbab tersebut langsung diarahkan warga ke tempat jual beli hewan langka ilegal.

“Di sana pelaku berhasil membeli dua Owa dengan harga 1.000 dollar per ekornya. Tamila pun nekad mengikat dengan kain dua Owa tersebut di dalam kantung celana bagian betis kedua kakinnya, agar tak ketahuan oleh petugas Avsec saat pemeriksaan,” terangnya.

Untunglah, pada saat pemeriksaan badan, Owa tersebut ditemukan petugas. Padahal jika lolos, pelaku akan membawanya ke Kuwait, transit Abu Dabi dengan menggunakan pesawat Etihad EY 475, jadwal penerbangan di hari Sabtu, 07 November 2015 pukul 17.45 wib.

Kemudian dihari yang sama atau pada malam harinya, sekitar pukul 22.30 wib, diamankan pula dua orang warga negara Filipina yang kedapatan membawa 10 ekor kura-kura Radiata yang tergolong Apendiks 1 Cities. Kedua WNA atas nama Clift Steven Lao dan Carmina Lao ini mengaku akan membawanya kembali ke negara asalnya.

“Kini, ketiga WNA tersebut sudah kami serahkan ke Balai Karantina Bandara Soetta,” tegasnya.

Terhadap binatang langka tersebut, Balai Karantina melakukan koordinasi dengan pihak BKSDA DKI Jakarta Seksi Wilayah II Tegal Alur, Jakarta Barat.(dhyie/LLJ)

Copyright @2018 FBn