Warga Pulomerak Tolak Penambangan Batu

0
519

Cilegon,fesbukbantennews.com (4/11/2015) – Puluhan warga dari Kampung Tanjung Sekong, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, menolak aktivitas penambangan batu dan pengerukan gunung di dekat tempat tinggal mereka, Rabu (4/1/2015).

Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

“Harus kemana kami menyampaikan keluhan (polusi dan perusakan lingkungan) ini. Kami sempat sampaikan ke pihak aparat (RT/RW) setempat, tapi selalu mentok dan tidak ada kejelasan,” kata salah satu warga Kampung Sekong, Juhri, saat ditemui di aula Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, usai beraudiensi dengan pihak kelurahan dan kecamatan, Rabu (04/11/2015).

Juhri bersama 25 perwakilan warga Tanjung Sekong yang mendatangi kantor Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, mengaku kedatangannya untuk mengeluh tentang polusi debu, kebisingan mesin penghancur batu, hingga pengerukan gunung yang merusak alam disekitar tempat tinggal mereka.

Dimana menurutnya, aktifitas tambang yang dimulai sejak sekitar tahun 1990 an tersebut telah mengganggu kenyamanan warga sekitar dan merusak alam. Bahkan rumah mereka pun mengalami kerusakan seperti retak-retak pada temboknya.

“Di daerah kami (Kampung Tanjung Sekong,red) ada penggalian dan penggilingan batu, dari aktivitas itu dampak yang ditimbulkan itu debu dan suara bising. Karena jaraknya sangat dekat, apakah hal itu layak atau tidak?,” tegasnya.

Sedangkan pihak kelurahan mengaku akan bersikap tegas terkait adanya penambangan batu dan pengerukan gunung yang telah merusak lingkungan hidup sampai mengganggu ketentraman warga sekitar.

“Kami tidak akan main-main. Kalau nanti pihak perusahaan tidak mentaati peraturan yang ada, kita ajukan untuk di tutup. Ditambah, yang seharusnya berhak meminta izin perusahaan adalah pihak perusahaan, bukan dari pihak lain. Saya pastikan, tidak akan ada penambahan perusahaan jika warga tidak mengizinkan hal itu,” kata Lurah Lebak Gede, Suwandi, saat ditemui ditempat yang sama, Rabu (04/11/2015).(dhyie/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here