Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Warga Banten Bisa Cek Harga Sembako Lewat SMS

Warga Banten Bisa Cek Harga Sembako Lewat SMS

Serang,fesbukbantennews (12/6/2015) – Menjelang datangnya bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi Banten membuka layanan informasi pesan singkat atau short message service (SMS) mengenai informasi harga kebutuhan pokok di Banten.

Ilustrasi.(net)

Ilustrasi.(net)

Kepala BKPP Provinsi Banten Agus M Tauhid, mengatakan SMS informasi harga kebutuhan pokok ini sudah bisa diakses mulai Juni 2015 ini. “Layanan SMS ‘Gateway’ itu sudah bisa diakses oleh warga Banten. Warga bisa mengetahui harga komoditas dan pasokan komoditas di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Banten hanya melalui SMS melalui pelayanan informasi di nomor 082213375550,” kata Agus pada acara Focus Group Discussion Group (FGD) Ketersediaan Ternak dan Daging menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri di Aula Distanak Banten, Kamis (10/06).

Menurut Agus, program sistem informasi harga dan pasokan pangan (SIS Hapas) bertujuan mempermudah masyarakat Banten memperoleh informasi harga pangan dan pasokan setiap harinya.

“Meskipun saat ini masih ada kendala saat listrik padam server tidak dapat me-‘replay, tapi pengiriman SMS bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam,” jelasnya. Menurut Agus, saat ini informasi komoditas baru 11 jenis yang bisa diakses yakni, beras, jagung, kacang kedelai, gula pasir, bawang merah, cabe merah, daging ayam, daging sapi, telur ayam, minyak goreng dan tepung terigu.

“Masyarakat di delapan kabupaten/kota bisa langsung sms dan informasi yang diminta sesuai nama wilayah yang diketik. Informasi harga dan pasokan diperoleh dari 15 inumerator yang melakukan pantauan harga di pasar delapan kabupaten/kota,” kata Agus.

Agus mencontohkan, untuk langkah-langkah operasionalnya yakni bisa diketik Ayam#Kota Serang, lalu kirim ke no 082213375550. Sehingga nantinya ‘server’ akan langsung membalas permintaan informasi tersebut.

“Harga yang di berikan berupa kisaran. Kemungkinan tidak akan sama di setiap wilayah. Kami mengambil data sampel setiap sepekan,” tambahnya.(matz/LLJ)

Copyright @2016 FBn