USAID PRIORITAS: Hibahkan Buku Bacaan, Dorong Kebiasaan Baca

0
371

Tangerang Selatan,fesbukbantennews (5/6/2015) – “Kemajuan sekolah dan madrasah terletak pada profesionalisme kepala sekolah atau kepala madrasah yang mengelolanya dengan baik. Jadi  kepsek atau kamad tidak hanya menjadi leader, tetapi juga manager dan motivator. Melalui pelatihan ini, bapak-ibu dilatih menjadi pengelola sekolah yang baik,” ujar Drs. H. Zaenal Arifin M.M. M.Sc., Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Selatan (6/3). Pendapatnya disampaikan saat membuka secara resmi, pelatihan sekolah tingkat SMP/MTs praktik yang baik dalam manajemen sekolah di sebuah restoran Tangsel selama dua hari.

Pelatihan Usaid Prioritas Tangsel
Pelatihan Usaid Prioritas Tangsel

Hadir dalam pelatihan tersebut yakni para kepala sekolah/madrasah, bendahara, komite sekolah dan pengawas yang berasal dari 8 sekolah/madrasah mitra USAID PRIORITAS. Selain kepemimpinan pembelajaran, pelatihan ini juga menitikberatkan pada kebiasaan membaca yang diharapkan mulai dirintis di sekolah.

USAID PRIORITAS  yang diwakili oleh Syihabbudin, Staf Pelatihan Guru SMP/MTs mengatakan bahwa kebiasaan membaca menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran. “Program Budaya Baca atau PBB memang sudah diperkenalkan oleh USAID PRIORITAS. Sebagai stimulus kebiasaan membaca di sekolah, kami juga menghibahkan 150 buku bacaan per sekolah atau madrasah usai pelatihan ini. Kami berharap sekolah atau madrasah mampu mengelola PBB dengan baik demi keberhasilan pembelajaran siswa,” katanya.

Dalam upaya pengelolaan sekolah/madrasah, peserta juga diajak untuk terampil mengelola ketersediaan anggaran sekolah sehingga kebutuhan pembelajaran dapat dibiayai secara efisien.  Penggunaan anggaran yang tepat guna, transparan dan bertanggungjawab diharapkan akan mendorong keberhasilan sekolah menyelenggarakan pembelajaran. Hal ini senada dengan pernyataan Dra. Hj. Endang Kuswarini M.M., kepala SMPN 8 Kota Tangerang Selatan yang ikut serta dalam pelatihan.

“Sebagai kepala sekolah, saya perlu bermitra dengan pengawas, komite sekolah dan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Saya senang USAID PRIORITAS membekali semua pengelola sekolah agar bersama-sama memajukan sekolah seperti pengelolaan anggaran sekolah.  Untuk program budaya baca, saya akan sosialisasikan agar segenap warga sekolah terbiasa membaca,” ujar Endang Kuswarini di sela-sela sesi pengelolaan program budaya baca.(LLJ)
Kiriman. Anna R, Usaid Prioritas Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here