Usaid Prioritas Bekali Calon Guru Praktik Mengajar Mahasiswa IAIN SMH Banten

0
495

Serang,fesbukbantennews.com (29/8/2015) – “Mengapa air di botol bisa memenuhi gelas?” tanya Siti Masitoh (28/8), mahasiswa semester VII jurusan PGMI IAIN Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten kepada siswa MIN Baros, Serang. Siswa pun aktif bersahut-sahutan mengajukan jawaban. Seorang siswa berhasil menjelaskan bahwa air adalah benda cair.

Siti Masitoh melakukan percobaan IPA yang memudahkan siswa memahami pembelajaranm(usaid)
Siti Masitoh melakukan percobaan IPA yang memudahkan siswa memahami pembelajaranm(usaid)

Siti Masitoh mendapat tugas pengalaman praktik lapangan kependidikan (PPLK) untuk mata pelajaran IPA di kelas II MIN Baros. Siswa diminta untuk menjelaskan sifat-sifat benda cair dan benda padat. Melalui diskusi dan percobaan, siswa tampak antusias dan bersemangat mengikuti pembelajaran. “Saya senang siswa antusias dengan percobaan benda padat yakni lilin yang dipanaskan lalu meleleh jadi benda cair. Siswa menjadi paham perubahan benda padat ke benda cair, demikian pula sebaliknya” ujar Siti bersemangat menjelaskan pengalaman praktik mengajarnya.
Dr. Asep Syaifulrahman selaku dosen pembimbing yang hadir mengamati proses praktik mengajar mengatakan bahwa secara tidak langsung USAID PRIORITAS sudah membekali mahasiswa yang menjadi calon guru dengan metode PAKEM. “Saya pernah dilatih oleh USAID PRIORITAS. Kemudian saya menerapkan kembali kepada mahasiswa tentang praktik yang baik dalam pembelajaran. Siswa jadi tertarik karena lebih mudah menerapkannya di kelas.” Demikian pernyataan Asep yang juga pernah menjadi fasilitator dalam berbagai pelatihan yang digelar USAID PRIORITAS.

PPLK di IAIN SMH sudah dimulai sejak akhir Juli dan berakhir di awal September. “PPLK ini berlangsung selama empat puluh hari. PPLK bertujuan untuk membekali siswa tentang pengalaman praktik mengajar secara langsung sebelum mereka menjadi seorang guru,” kata Syihabbudin, dosen fakultas tarbiyah dan keguruan IAIN SMH menjelaskan.

USAID PRIORITAS Provinsi Banten telah bermitra dengan LPTK, IAIN SMH dan UNTIRTA sejak tahun 2012. Untuk mendiseminasikan programnya, LPTK membentuk konsorsium yang melibatkan empat universitas di Banten yakni UNBAJA, UMT Tangerang, STKIP Setia Budhi Rangkasbitung dan UNMA. Untuk membekali mahasiswa yang menjadi calon guru, USAID PRIORITAS juga telah melatih 132 mahasiswa IAIN pada 4-6 Juli lalu.(LLJ)

Kiriman :Anna R, Usaid Prioritas Banten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here