Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Unbaja Lakukan Kunjungan Lapangan ke PT KS
Unbaja Lakukan Kunjungan Lapangan ke PT KS.

Unbaja Lakukan Kunjungan Lapangan ke PT KS

Cilegon, fesbukbantennews.com (14/1/2018) – Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Banten Jaya (Unbaja) melakukan kunjungan lapangan ke PT Krakatau Steel untuk melaksanakan observasi ke Waste Water Treatment Plant Cold Rolling Mill PT Krakatau Steel Cilegon di Pusdiklat, Selasa (9/1/2018) kemarin.

Unbaja Lakukan Kunjungan Lapangan ke PT KS.

kunjungan lapangan mahasiswa Unbaja merupakan bagian dari kegiatan akademik untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait industri baja di kota cilegon ini.
Firman Taufik selaku manajemen PT Ks menjelaskan bahwa mahasiswa Unbaja perlu memiliki pengetahuan terkait proses pembuatan baja yang ada di PT KS. Selain proses pembuatan baja PT. KS juga memproses penanganan limbah industri.
Studi komparasi mahasiswa Unbaja merupakan bagian dari kegiatan kampus untuk Menurut Manajemen PT Krakakatu Steel Firman Taufik, bahwa mahasiswa Unbaja perlu memiliki pengetahuan terkait proses pembuatan baja yang ada di PT KS. Selain proses pembuatan baja PT. KS juga memproses penanganan limbah industri.
“Kunjungan mahasiswa ke industri ini memang sangat membuka wawasan bagi mahasiswa Teknik Lingkungan yang nantinya akan terjun ke dunia Industri.” Ujarnya.

kunjungan lapangan ke PT KS ini merupakan bagian dari program kampus dalam memberikan pengenalan industri kepada mahasiswa dikarenakan Unbaja memiliki kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder baik sektor swasta maupun pemerintah.

“Kami ingin mahasiswa Unbaja memiliki wawasan dunia industri, kebetulan saja ini masuk kurikulum yang di sesuaikan dengan kebutuhan di dunia kerja.” ujar pembimbing lapangan mk kuliah tersebut

TEKNIK LINGKUNGAN UNBAJA
1. Teknik Lingkungan UNBAJA terakreditasi B
2. Sarjana Teknik Lingkungan sangat dibutuhkan di Indonesia, Khususnya di Banten
Alumni Teknik Lingkungan Unbaja selalu ditunggu perusahaan/instansi pemerintah dan sampai saat ini tidak ada yang menganggur.
3. Laboratorium teknik lingkungan unbaja sudah cukup memadai
4. Merupakan satu satunya prodi Teknik Lingkungan di Provinsi Banten
5. TL UNBAJA sudah bekerjasama dengan LPJK sebagai wadah keahlian sarjana teknik lingkungan

Sekilas pandang

Jurusan Teknik Lingkungan berada dibawah naungan Fakultas Teknik. Luar biasanya alumni Teknik Lingkungan (TL) UNBAJA selalu ditunggu perusahaan/institusi untuk bekerja, bahkan sebelum lulus. Dari database alumni, sampai saat ini lulusan TL UNBAJA belum pernah ada yang menganggur setelah lulus kuliah. Dari data alumni menunjukan Lulusan Teknik Lingkungan Unbaja,terakhir tahun 2017, masa tunggu kerja hanya 1bulan dari wisuda. Mereka langsung bekerja di instansi pemerintah, rumah sakit, perusahaan swasta, dan lain lain.

Hal ini menjadi wajar karena berdasarkan data kemenristekdikti sarjana teknik lingkungan ribuan dibutuhkan namun Universitas yang menghasilkan insinyur teknik lingkungan masih minim, ditambah lagi masalah lingkungan, global warming yang makin meningkat menjadikan sarjana Teknik Lingkungan sangat dibutuhkan terutama di provinsi Banten. Bagaimana tidak, Banten adalah daerah industri, dari data menunjukkan kebutuhan perusahaan swasta, pemerintahan, BUMN di Provinsi Banten sangat tinggi,oleh karenanya sangat wajar bahkan sebelum lulus, sarjana Teknik Lingkungan UNBAJA sudah ditunggu perusahaan, intansi pemerintah dan BUMN untuk bekerja.

Untuk membahas lebih detail mengenai peluang prospek kerja teknik lingkungan mari kita bahas berikut ini:

Prospek Kerja Teknik Lingkungan sebagai Tenaga Pendidik/Dosen.
Untuk tenaga pendidik/dosen teknik lingkungan masih jarang sehingga terbuka kesempatan untuk lulusan teknik lingkungan sebagai pengajar terutama dosen jurusan teknik lingkungan.
Lulusan Teknik Lingkungan Bekerja di Pemerintahan
Pada pemerintahan, untuk para lulusan teknik lingkungan memiliki peluang untuk bekerja di Kementrian Perindustrian, Kementrian Kelautan, Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan, Kementerian ESDM, dan lembaga pemerintah lainya.
Lulusan Teknik Lingkungan di BUMN dan Sektor Swasta
Hampir setiap industri termasuk hotel dan rumah sakit memiliki pengelolaan dan pengolahan limbah. Setiap tahunnya perusahaan besar harus membuat laporan tentang pengendalian pencemaran dan kualitas lingkungan di sekitar kawasan pabriknya untuk Kementrian LH dan Kehutanan Indonesia. Disitulah lulusan Teknik Lingkungan berperan. Contohnya, di industri swasta maupun BUMN, biasanya ditempatkan di bagian HSE (Health, Safety, and Environment) dan manajemen pengendalian lingkungan.(AMDAL), tenaga lulusan ini dibutuhkan terutama yang bergerak dibidang petrokimia, pertambangan, minyak dsb. Beberapa contoh perusahaan misalnya PT Pertamina, Krakatau Steel, Posco,Asahimas, Chandra Asri dll
Lulusan Teknik Lingkungan dapat juga bekerja di konsultan lingkungan
melalui kontrak komersial atau pemerintah untuk menangani berbagai isu lingkungan, pekerjaan bidang konsultansi sistem manajemen lingkungan (AMDAL) lulusan teknik lingkungan dibutuhkan sebagai konsultan lingkungan, ini bayarannya bukan cuma rupiah, bahkan dollar.(abahdeni/LLJ).

Copyright @2016 FBn