Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Tugas Dosen Bukan Hanya Mengajar, Juga Harus Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Tugas Dosen Bukan Hanya Mengajar, Juga Harus Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Tangerang,fesbukbantennews (11/3/2015) – Tugas dosen tidak hanya mengajar saja kepada mahasiswanya. Tetapi lebih luas lagi adalah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.Demikian diungkapkan Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang Warsito dalam acara Pertemuan Konsorsium Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Mitra USAID PRIORITAS Provinsi Banten di Tangerang, 9 Maret 2015 kemarin.Usaid tng

“Setelah dua kali mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh USAID PRIORITAS, saya merasa tugas dosen tidak hanya mengajar saja kepada mahasiswa tetapi lebih luas lagi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.” kata Warsito.

Dalam acara yang digagas oleh USAID PRIORITAS Banten tersebut, diikuti oleh perwakilan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),  IAIN Sultan Maulana Hasanddin, Universitas Banten Jaya (UNBAJA) Serang, Universitas Mathla’ul Anwar Pandeglang, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan STKIP Setiabudi Rangkasbitung Lebak.
Acara itu sendiri, adalah untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan kapasitas LPTK Mitra dan konsorsium dan juga masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pre-service maupun in-service training maka pertemuan dilaksanakan secara periodik dan berkelanjutan.
“Kolaborasi antara LPTK Mitra dengan Konsorsium yang berkaitan dengan USAID PRIORITAS dimaksudkan  agar mampu mengidentifikasikan hal-hal yang berkaitan dengan implementasi program  untuk peningkatan mutu pendidikan,” kata perwakilan USAID Prioritas Banten Anna Rosita.
Rektor Untirta Banten Sholeh Hidayat dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, diharapkan bisa meningkatkan kapasitas para dosen.
“Bersama USAID PRIORITAS kami berupaya meningkatkan kapasitas para dosen dalam menerapkan pembelajaran aktif, membuat RPP dan alat peraga dan menerapkan penelitian tindakan kelas sehingga peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan secara bersinergi.” ujar Soleh.

Sementara itu, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS untuk Provinsi Banten,  Rifky Rosyad mengungkapkan, pertemuan ini juga menghasilkan dialog di antara perwakilan universitas untuk menggagas unjuk karya pendidikan yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Melalui unjuk karya pendidikan diharapkan masyarakat dan pemerhati pendidikan dapat mengetahui perkembangan kinerja dan capaian  hasil pelatihan terhadap dosen yang diselenggarakan LPTK. Selain itu, unjuk karya pendidikan yang nanti digelar dapat mengukur komitmen dan kolaborasi di tingkat LPTK,” tukas Rosyid. (LLJ)

Copyright @2016 FBn