Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Tinjau Lahan Pertanian, Mentan: Petani Banten Harusnya Sejahtera
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat kunjungi petani Banten.

Tinjau Lahan Pertanian, Mentan: Petani Banten Harusnya Sejahtera

Serang,fesbukbantennews.com (20/7/2016) – Saat meninjau lahan pertanian di Desa Lempuyang, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa seharisnya para petani di Banten lebih sejahtera dibandingkan wilayah lainnya di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat kunjungi petani Banten.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman saat kunjungi petani Banten.

Mengingat Banten merupakan wilayah penyangga Ibu Kota Negara sebagai pusat pemerintahan.

“Banten ini adalah penopang Jakarta. Banten, Jawa Barat dan Lampung ini kita harus perkuat karena dekat dari pasar. Biaya transportnya murah, karena biaya angkut komoditas pertanian itu ditanggung konsumen,” kata Andi Amran Sulaiman, Mentan RI, di Kabupaten Serang, Selasa (19/07/2016).

Banten sangat dekat dengan Jakarta dibandingkan dengan Jawa Barat dan Lampung. Sehingga bisa merebut pangsa pasar nasional dan Jakarta dengan mengoptimalkan potensi yang ada.

“Jawa Barat kemudian Lampung itu murah dibanding diangkut dari Jawa Timur. Sehingga kami minta sejengkal tanah di Banten ini di optimalkan,” terangnya.

Sedangkan untuk menghidupkan kembali lahan pertanian yang mati dan tidak digunakan oleh masyarakat, maka akan dibangun dum atau bendungan kecil dan sumur-sumur kecil untuk mengairi lahan pertanian. Sehingga kekeringan saat musim kemaran dapat teratasi.

“Kemudian lahan tidur enam bulan karena tidak ada air, Insya Allah akan diminta bangun dum, sumur dangkal,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2018 FBn