Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Tingkatkan Profesionalitas Guru Lewat Replikasi USAID PRIORITAS

Tingkatkan Profesionalitas Guru Lewat Replikasi USAID PRIORITAS

Tangerang,fesbukbantennews (10/4/2015) – – SMPN 4 dan SMPN 7 Kota Tangerang bekerjasama dengan USAID PRIORITAS Banten baru saja menggelar lokakarya praktik yang baik dalam pembelajaran dan manajemen sekolah yang diikuti oleh 90 orang. Acara yang didanai oleh BOS ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang, Drs. Abdurrahman.

USAID Prioritas Banten di Kota Tangerang.

USAID Prioritas Banten di Kota Tangerang.

“Saya mengapresiasi USAID PRIORITAS yang telah mendukung pelaksanaan lokakarya ini. Saya berharap bapak-ibu yang hadir di sini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kegiatan ini agar berguna bagi pembelajaran,” ujar Abdurrahman yang membuka secara resmi lokakarya tersebut (9/4).

Syihabbudin, Teacher Training Officer (TTO) USAID PRIORITAS Banten untuk SMP/MTs yang hadir juga dalam pembukaan menyatakan kemitraan yang sudah terjalin sejak program USAID DBE diharapkan dapat berkelanjutan seiring dengan kebutuhan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kebutuhan peningkatan kapasitas guru di SMPN 4 dan SMPN 7 Kota Tangerang menjadi latar belakang pelaksanaan lokakarya.

“Inovasi pendidikan sangat dibutuhkan guru-guru untuk mengembangkan keprofesionalitasannya. Oleh karena itu, kami menggagas lokakarya yang merupakan replikasi dan diseminasi program USAID PRIORITAS yang telah berhasil di kabupaten/kota yang lain. Ada enam tujuan lokakarya ini, pertama, peserta mampu mengembangkan pembelajaran kontekstual dalam pengembangan kecakapan hidup. Kedua, peserta mampu merancang pembelajaran dan melayani perbedaan individu dalam pembelajaran. Ketiga, peserta dapat membuat pertanyaan tingkat tinggi. Keempat, peserta didorong untuk pembelajaran kooperatif. Kelima, peserta mampu menciptakan lingkungan kelas yang mendorong siswa untuk belajar. Terakhir, mereka mampu membuat penilaian autentik.” Demikian pernyataan Ade Heriana, M.Pd., Kepala SMPN 4 Kota Tangerang dalam pembukaan resmi.

Lokakarya digelar selama dua hari di SMPN 4 Kota Tangerang dan dipandu oleh Fasilitator Nasional dan Fasilitator Daerah yang telah dilatih oleh USAID PRIORITAS Banten.

“Setelah selesai mengikuti lokakarya ini diharapkan peserta mampu mengimplementasikan pengetahuan dan pemahamannya dalam mengelola sekolah dan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning),” tambah Ade yang sedang mengamati diskusi kelompok peserta di hari pertama.(LLJ)

Kiriman : anna R, USAID Prioritas Banten.

Copyright @2016 FBn