Tingkatkan Disiplin dan Ketahanan Fisik, Satpol PP Banten akan Dilatih Kopassus

0
154

Serang,fesbukbantennews.com (6/3/2017) – Untuk meningkatkan profesionalisme, mental dan ketahanan fisik para anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) dilingkungan Pemprov Banten, Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan berencana  menjalin kerja sama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dalam pelatihan militer.

Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan menerima cinderamata Dari Komadan Group 1 Kopassus Serang, Kolonel Inf Djon Apriandi

“Mereka (Pol PP) tidak hanya menegakan Perda, tetapi harus punya skill, disiplin dan mental yang kuat,” kata Nata Irawan saat menerima kunjungan Komadan Group 1 Kopassus Serang, Kolonel Inf Djon Apriandi dan jajaraanya, di Pendopo Gubernur Banten, Serang, Senin (06/03).

Menurut Nata, tugas-tugas yang dijalani para anggota Satpol PP tidaklah mudah, terutama berkaitan dengan penegakkan peraturan daerah. Pihaknya berencana mengirimkan anggota Pol PP untuk dilatih secara militer, yang tentunya memberikan dampak positif di kemudian hari.

“Kita dan Kopassus kan harus ada ikatan yang bagus. Tentu bukan Pol PP saja yang dilatih, bisa pegawai BPBD, Marching Band Gita Surosowan dan lainnya,” ucap Nata didampingi Plt Kepala Biro Administrasi Rumah Tangga Pimpinan Pemprov Banten Sitti Ma’ani Nina.

Untuk ke depan Satpol PP, lanjut Nata, akan diberikan pelatihan-pelatihan secara wajar, walaupun tidak harus sama dengan kegiatan militer yang sesungguhnya ketika menjadi garda terdepan pertahanan negara.

“Harus diingat bahwa anggota Satpol PP, itu tugas pokoknya adalah mengawasi, menjaga, mengintai dan memberikan informasi ke pemerintah daerah. Satpol PP itu harus  memiliki tingkat disiplin tinggi atau tidak malas, badannya tegap, sehat, berwibawa dan memang betul-betul bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Komandan Group 1 Kopassus Serang, Kolonel Inf Djon Afriandi mengaku kedatangaanya bertemu dengan Pj Gubernur Banten hanya sekedar untuk silaturahmi dan memperkenalkan diri, pasalnya dirinya baru beberapa bulan bertugas di Markas Komando Group 1 Kopassus Serang. Pihaknya pun siap meningkatkan kerjasama dengan Pemprov Banten, baik dalam pelatihan militer maupun kegiatan lainnya.

“Kita memiliki fasilitas yang ideal dan memiliki tempat-tempat yang siap digunakan. Kita membuka kesempatan untuk bekerjasama,” kata Djon.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang selama ini diberikan Pemprov Banten maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota di banten.

“Kami tahun lalu mendapat dana hibah dari Pemprov, dana itu sudah kami gunakan untuk perbaikan beberapa fasilitas umum di tempat kami. Kami membuka diri apa yang bisa kami bantu untuk Pemprov,” ungkapnya.(hmsBTN/bukanADV/LLJ)