Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Tiga Langkah Distan Atasi Kekeringan di Banten
Kepala Distan Banten Agus M Tauchid (foto:net).

Tiga Langkah Distan Atasi Kekeringan di Banten

Serang, fesbukbantennews.com (2/7/2019) – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan, ada tiga wilayah yang berpotensi mengalami kerusakan tanaman akibat kekeringan pada bulan Juli periode 1 dan 2, diantaranya Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan sebagian Kabupaten Lebak.

Kepala Distan Banten Agus M Tauchid (foto:net).

Sementara, sifat hujan bulan Juli 2019 berada di kategori normal untuk sebagian wilayah, sedangkan prakiraan cuaca hujan dalam kategori rendah (0-100 mm).

Pada tig wilayah tersebut dikhawatirkan akan terjadi peningkatan intensitas kerusakan tanaman yang berpotensi kekeringan terhadap pertanaman padi seluas 6.203 Ha, sedangkan wilayah dengan status waspada secara total seluas 4.114 Ha.

Oleh karenanya, Dinas Pertanian Provinsi Banten melalui Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) menyatakan sedang dan akan melakukan tiga langkah untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Pertama, memberikan pemahaman langsung kepada masyarakat dan atau mitigasi bencana kekeringan tentang penggunaan dan pemanfaatan air pada saat fase vegetatif,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid, dalam keterangannya, Senin (01/07/2019).

Upaya kedua, pihaknya akan memberikan bantuan pinjam pakai sarana pengairan dengan cara pompanisasi pada pertanaman seluas 700 Ha.

Langkah ketiga, Agus menyebut BPTPH akan melakukan koordinasi dengan BPBD Provinsi dan Kabupaten Kota, BPTP Litbang Provinsi Banten, Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Banten, Bidang PSP Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Kabupaten dan Kota, Penyuluh, UPTD, Camat, Mantri Tani, dan TNI.(LLJ)

Copyright @2018 FBn