Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Temukan Solusi Pembelajaran Lewat PTK

Temukan Solusi Pembelajaran Lewat PTK

Tangerang,fesbukbantennews (13/4/2015) – “Guru harus dapat memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran demi peningkatan mutu pendidikan. Untuk memperoleh solusi pembelajaran tersebut, guru menggali rasa ingin tahu dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tidak hanya guru, dosen juga demikian sebagai tenaga pendidik,” ujar Ade Husnul Mawadah, Staf Pelatihan Guru USAID PRIORITAS Banten di sela-sela rapat kerja PTK yang sudah memasuki tahap ketiga (11/4).

Rifki Rosyad

Rifki Rosyad

Rapat kerja PTK tahap ketiga berlangsung selama tiga hari, bertujuan untuk menganalisis temuan data pada siklus dua dan mengkaji format laporan penelitian. Diikuti oleh 16 orang yang terdiri dari dosen dan guru kemudian peserta pertemuan dibagi lagi menjadi empat tim yang terdiri dari satu tim literasi SD, satu tim literasi MTs, satu tim matematika MI dan satu tim IPA SMP.  Setiap tim terdiri dari dua dosen dan dua guru yang mewakili provinsi Banten untuk diajukan di tingkat nasional pada tahap selanjutnya.

Apong Latifah S.Pd., guru kelas V SDN Sumber Agung Kota Serang sebagai salah satu anggota dari tim literasi SD mengatakan bahwa PTK bermanfaat untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru. “Saya bangga bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Tentunya keberhasilan PTK akan sangat mendukung keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Saya berharap saya bisa menerapkan PTK sendiri untuk kepentingan sekolah dan membagikan hasilnya kepada guru-guru lain,” tambahnya.

Apong bersama Lusiani Dewi Assaat, S.Pd. M.Si., dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten terlibat dalam satu tim yang sama yang membahas judul penelitian tentang ‘Peningkatan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Media Big Book di SDN Sumber Agung Serang’. Melalui kajian yang mereka teliti diharapkan siswa memiliki kemampuan memahami bacaan lewat media Big Book.

“Solusi pembelajaran seperti ini yang kami harapkan kepada tenaga pendidik, yakni mereka mampu menemukan solusi pembelajaran lewat PTK. Bagi dosen yang kami libatkan di sini diharapkan mereka mampu memperkenalkan kepada mahasiswa, terutama calon guru agar PTK menjadi bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan,” ujar Ujang Sukandi, Spesialis Pelatihan Guru SMP/MTs USAID PRIORITAS.

Sementara Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS yang menutup acara PTK tahap ketiga ini mengharapkan agar guru dan dosen yang menjadi peserta dapat terpilih untuk maju di tingkat nasional. “Setelah ini, bapak-ibu akan ikut serta dalam pertemuan antar provinsi untuk menyampaikan temuan dan simpulan yang sudah dilakukan. Selanjutnya, hasil PTK yang terbaik akan disampaikan kepada Kemdikbud untuk disosialisasikan,” tambahnya.(LLJ)

Kiriman : Anna R , USAID Priorita Banten.

Copyright @2016 FBn