Teknik Lingkungan Unbaja Banten Gali Ilmu Pengelolaan Emas dan Nuklir

0
287

Serang,fesbukbantennews.com (18/5/2018) – Program studi teknik lingkungan Universitas Banten Jaya (Unbaja) menggelar kuliah lapangan ke dua tempat berbeda yang terdiri dari 2 tim. Tim yang pertama terdiri dari mahasiswa semester 4 melakukan kuliah lapangan ke UPBE PT. Antam Pongkor Bogor,Jawa Barat.

Mahasiswa Unbaija mengunjungi Antam.

Sedangkan tim yang ke dua terdiri dari mahasiswa semester 2&6, dipandu dosen pembimbing Fitriyah dan Frebhika yang melakukan kuliah lapangan di puspitek BATAN Serpong, Tangerang, Banten, tepatnya di pusat pengelolaan limbah tenaga nuklir.

Selama di BATAN rombongan mahasiswa disambut oleh Ketua Pusat Layanan Dwi Suparyanto. Setelah itu mahasiswa diberikan kuliah tentang nuklir dan manfaatnya oleh petugas pengelola Batan. Kemudian mahasiswa melakukan pengamatan ke instalasi pengelolaan limbah, melihat bagaimana proses pengelolaan limbah nuklir ini diproses agar tidak mencemari lingkungan.

Dosen pembimbing Fitriyah mengatakan selama kuliah lapangan mahasiswa terlihat antusias mengikuti pemandu. “Terlebih lagi karena ini merupakan kali pertama mereka melihat langsung pengelolaan limbah nuklir,” kata Fitriyah.

Sementara itu pengelola Puspitek BATAN Serpong, Listi mengatakan, selama ini masyarakat hanya mengenal nuklir itu dari bahayanya saja. Padahal manfaatnya sangatlah banyak terutama untuk kemaslahatan umat.

Sedangkan tim lainnya yang dimotori oleh Tauny Akbari dan Ade Ariesmayana, diterima Agus Setiyono dan Luluk dari Humas UPBE PT Antam Pongkor, Bogor mahasiswa pun diberi kuliah singkat dan diskusi tentang Pemaparan proses pengolahan emas, reklamasi & konservasi oleh Syaiful Habib dan Lastianto dari Bidang Environment.

Kemudian mahasiswa pun melakukan peninjauan lapangan dari jauh di Portal 1 UPBE Antam Pongkor. (Aden/LLJ).