Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Tahun Ini Pemkab Serang Perbaiki 261 dari 2.244 Ruang Kelas SD Yang Rusak

Tahun Ini Pemkab Serang Perbaiki 261 dari 2.244 Ruang Kelas SD Yang Rusak

Serang,fesbukbantennews (7/3/20154) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang mencatat, sebanyak 2.244 ruang kelas Sekolah Dasar (SD) Negeri maupun swasta di 29 kecamatan kondisinya rusak. Jumlah tersebut, berdasarkan hasil monitoring pada akhir 2014 lalu.

Sekolah rusak (net)

Sekolah rusak (net)

“Kerusakan terbagi tiga kategori, baik rusak ringan, sedang dan berat,”kata Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Bidang SD pada Dindikbud Kabupaten Serang, Eddy Sumarna di Kota Serang, Jumat (6/3/ 2015) kemarin.

Namun demikian, Eddy memastikan pada tahun 2015 sebanyak 261 akan dilakukan perbaikan menggunakan dana berasal dari APBD Kabupaten Serang tahun 2015 dan Bantuan Gubernur (Bangub) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

“Untuk rinciannya dari Bangub sebanyak 240 ruang kelas dan dari APBD Kabupaten Serang 21 ruang kelas,”terangnya. Seraya menambahkan, kemungkinan akan bertambah. Karena saat ini masih dilakukan monitoring dan penyesuaian kondisi ruang kelas rusak dan berapa anggaran yang dibutuhkan.

Selain perbaikan ruang kelas, sebut Eddy, juga akan ada pembangunan ruang kelas baru (RKB) untuk 15 sekolah. Untuk nama-nama sekolahnya sendiri, masih dilakukan penyesuaian juga mana yang layak mendapatkan.

“Setiap sekolahnya sendiri tergantung kebutuhannya, jadi belum bisa memastikan juga setiap sekolahnya berapa mendapatkannya,”jelasnya.

Disamping itu, untuk bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meski ada, namun belum bisa menyebutukan berapa anggaran yang dikucurkan dan diperuntukan berapa sekolah.

“Karenanya sampai saat ini kami (Dindikbud Kabupaten Serang) masih menunggu juklak dan juknis (Petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis)nya,”ungkap Eddy.

Sebagaimana diketahui, dari jumlah 2.244 ruang kelas yang rusak itu meliputi, untuk rusak ringan sebanyak 806 ruang kelas, rusak sedang 630 ruang kelas dan 808 ruang kelas kondisinya rusak berat.

“Sedangkan untuk jumlah keseluruhan gedung SD Negeri dan swasta di Kabupaten Serang sebanyak 725 yang tersebar di 29 kecamatan. Dimana terbagi sebanyak 5.651 rombel (rombongan belajar),”terang Eddy.(mudhof/LLJ)

Copyright @2016 FBn