Sudah Tujuh Kali Banten Dikunjungi Jokowi

0
1137

Serang,fesbukbantennews.com (5/10/2015) – Jokowi nampak nya sangat ‘mencintai’ Banten. Setidaknya, mantan walikota Solo yang kini menjadi Presiden tersebut menghadiri HUT TNI ke 70 di Pelabuhan PT Indah Kiat, Cilegon Banten dan PT Adis, Kabupaten Tangerang, Senin (5/10/2015) kali ke tujuh mendatangi Provinsi Banten. Bahkan rencananya, Jokowi kembali datang ke Banten pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2015 mendatang.

Jokowi saat di Harlah Mathlaul Anwar Pandeglang.(LLJ)
Jokowi saat di Harlah Mathlaul Anwar Pandeglang.(LLJ)

Beberapa waktu lalu, Gubernur Banten Rano Karno mengungkapkan,Pemprov Banten siap menjadi tuan rumah Hari Santri Nasional (HSN).
“Banten siap jadi tuan rumahnya. Sudah kirim surat usulan kepada presiden dan mentri agama agar Banten menjadi tempat deklarasi Hari Santri Nasional. Karena masyarakat Banten memiliki nilai religius yang kuat,” kata Gubernur Banten, Rano Karno, 21 September 2015 lalu.
HSN yang merupakan salah satu janji Jokowi semasa kampanye Pilpres dahulu, rupanya akan segera di realisasikan di bumi Seribu Kyai, Sejuta Santri ini.
Sebutan Bumi Seribu Kyai Sejuta Santri nampaknya menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi Rano berani mengajukan diri menjadi tuan rumah. Karena memang Banten memiliki ratusan pondok pesantren dan ribuan santri yang tersebar diberbagai wilayah.
“Kita punya (Masjid Agung) Banten Lama, pondok pesantren modern dan tradisional. Minta doanya kepada warga banten agar kita dapat menjadi tuan rumah deklarasi Hari Santri,” tegasnya.
Banten memiliki historis, patriotis dan agamis yang diperankan oleh para kyai bersama santri nya. Bahkan, tercatat dalam sejarah pada masa Kesultanan Banten yang dipimpin Sultan Maulana Hasanudin, wilayah Banten menjadi salah satu pusat perkembangan Islam. Karena Banten mempunyai peranan penting dalam tumbuh dan berkembangnya Islam, khususnya di daerah Jakarta dan Jawa Barat
Daftar kunjungan Presiden Jokowi ke Banten yakni;

1) Meninjau Pelabuhan Merak sekaligus menyebrang ke Mampung pada 25 November 2014. Ini merupakan blusukan pertama Jokowi ke Banten setelah menjabat presiden.

2) Peresmian KEK Tanjung Lesung pada 23 Februari 2015

3) Menghadiri Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Serpong, Tangerang pada 01 Agustus 2015

4) Jokowi meresmikan Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Provinsi Bante pada 04 Agustus 2015

5) Membuka Harlaah dan Muktamar Mathla’ul Anwar di Alun-alun Kabupaten Pandeglang pada 08 Agustus 2015

6) Melakukan Kick Off Sepak Bola Piala Kemerdekaan di stadion Maulana Yusuf, Kota Serang pada 15 Agustus 2015

7) Menghadiri puncak peringatan HUT ke 70 TNI di Pelabuhan Indah Kyat, Kota Cilegon, Banten, pada 05 Oktober 2015.(LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here