Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Simbol Lawan Hawa Nafsu, Umat Hindu Banten Arak Ogoh-ogoh

Simbol Lawan Hawa Nafsu, Umat Hindu Banten Arak Ogoh-ogoh

Serang, fesbukbantennews (20/3/2015) – Sebagai simbol perlawanan terhadap hawa nafsu dan kejahatan, baik yang ada dalam diri manusia ataupun kejahatan yang ada di dunia. Ribuan umat Hindu Banten melakukan pawai ogoh-ogoh di Taman Group 1 Kopasus Kota Serang, Jum

Ogogh-ogoh di Grup 1 Taman Kopasus.(dhyie)

Ogogh-ogoh di Grup 1 Taman Kopasus.(dhyie)

at (20/3/2015).
“Pada saat ini tawur kesanga adalah memaknai bahwa kita akan melepaskan sifat-sifat keburukan, keangkara murkaan, kejelekan dalam diri. Kita sebagai manusia pasti ada yang buruk dan baik, disini lah ajang nya kita instropeksi,” kata ketua panitia, Ida Bagus Made Ariadi, saat ditemui dilokasi acara, Kota Serang, Jum’at (20/03/2015).

Sehingga, diharapkan setelah melakukan tapa brata atau menyepi esok hari, setiap individu umat Hindu dapat menjadi lebih baik lagi.

“Dalam setahun kita menginstropeksi diri apa-apa yang sudah kita lakukan, apa-apa yang akan kita lakukan ke depannya, dan ini ajang untuk instropeksi,” terangnya.

Sifat marah dalam diri manusia diharapkan dapat dikendalikan, sehingga mampu menjadi sifat baik ke depannya.

Dalam peringatan hari Raya Nyepi esok, umat Hindu tak akan melakukan bepergian, menyalakan api, menikmati hiburan, dan lain sebagainya.

Seluruh umat Hindu diwajibkan tetap berada dirumahnya selama melakukan penyepian atau tapa brata.

“Disanalah pada saat nyepi itu kita merenung, semua aktifitas dengan catur brata itu. tidak bepergian, tidak melakukan hiburan, tidak menyalakan api, amarah dalam diri kita itu tentu kita kendalikan,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2016 FBn