Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Seleksi Sekolah Mitra USAID PRIORITAS untuk Praktik yang Baik

Seleksi Sekolah Mitra USAID PRIORITAS untuk Praktik yang Baik

Tangsel,fesbukbantennews (20/3/2015) – “Saya dulu berpikir hanya ceramah saja yang dapat saya ajarkan dalam Bahasa Indonesia. Setelah saya ikut pelatihan USAID PRIORITAS, saya mendapatkan cara menarik dan menyenangkan untuk metode mengajar. Misalnya, saya bisa melakukan musikalisasi puisi, yakni siswa secara berkelompok membuat lirik puisi lalu menyanyikan dengan diiringi alat musik yang mereka kuasai,” ujar Lutfiani Solehan S.Pd., guru Bahasa Indonesia yang baru setahun menjadi guru di MTs An-Nasihin, Kota Tangerang Selatan (17/3). Hasilnya siswa menyukai pelajaran Bahasa Indonesia yang dulu dianggapnya tidak menarik.Perwakilan dari Kemenag Kota Tangsel sedang mengamati pembelajaran di SDN Kademangan 1.

MTs An-Nasihin adalah satu dari 24 sekolah mitra yang dikunjungi untuk seleksi sekolah yang melakukan praktik yang baik. Tim seleksi melibatkan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Kantor Kemenag Kota Tangerang Selatan, LPTK Untirta, LPTK IAIN Sultan Maulana Hasanudin dan Fasilitator Daerah. Selain perubahan pembelajaran, seleksi juga dilakukan untuk melihat capaian pembaharuan kemajuan sekolah.

“Meski baru tiga tahun berdiri, sekolah kami banyak mengalami kemajuan seperti penataan ruang pajang karya siswa, pojok baca di setiap kelas hingga keterlibatan komite sekolah untuk berpartisipasi dalam mengelola sekolah,” kata Ayi Ahmad Ramdan M.Pd., SMPN 20 Tangerang Selatan yang menyambut kedatangan tim seleksi (17/3). Seleksi meliputi lima kriteria yang mencakup lingkungan kelas, kegiatan guru, kegiatan siswa, kepemimpinan sekolah dan partisipasi masyarakat.

“Seleksi ini dilakukan dengan memilih satu SD dan SMP juga satu MI dan MTs yang telah menunjukkan praktik yang baik dari sekolah/madrsah mitra USAID PRIORITAS  di Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Sekolah/madrasah yang terpilih nantinya akan mendapatkan dukungan dan pembinaan khusus dari LPTK Mitra,” kata Rifki Rosyad, Koordinator Provinsi Banten USAID PRIORITAS.

Di Kota Tangerang Selatan, USAID PRIORITAS menjangkau dua kecamatan yakni, Kecamatan Serpong Utara dan Kecamatan Setu dengan jumlah sekolah/madrasah mitra ada 24.

Dalam kesempatan lain saat tatap muka dengan DPRD Kota Tangerang Selatan, H.U. Yusuf M.Pd., Kasi Pendidikan Madrasah Kota Tangerang Selatan yang hadir, mengapresiasi program USAID PRIORITAS (12/3). “Saya bergembira atas bantuan yang diberikan USAID PRIORITAS kepada madrasah kami. Hasilnya sangat menggembirakan. Baik guru maupun siswa terlihat berbeda, mengalami perubahannya. Sebagai stakeholder, saya merasa puas. Kami dari Kemenag telah merespon kerjasama ini dengan replikasi dan diseminasi di beberapa tempat. Kami mendukung program ini dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan kita, tidak hanya sekolah saja tetapi juga madrasah-madrasah kami juga dilibatkan,” ujar Yusuf saat dimintai pendapatnya mengenai program USAID PRIORITAS.

Selain itu, Drs. Yahya Suhaemi, Kasi SD – Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan di kesempatan yang sama (12/3) juga menyatakan bahwa Dinas Pendidikan mendukung pelaksanaan program USAID PRIORITAS di Kota Tangerang Selatan.

“Melalui seleksi sekolah/madrasah untuk praktik yang baik dalam pembelajaran diharapkan nantinya akan berfungsi sebagai pusat pengembangan profesionalisme guru (program in-service), kepala sekolah, dan komite sekolah. Sekolah/Madrasah juga akan menjadi rujukan kunjungan baik di dalam Kabupaten/Kota sendiri maupun di luar Kabupaten/Kota,” tambah Rifki di akhir kunjungan kegiatan.(LLJ)
Kiriman : Anna USAID Prioritas Banten.

Copyright @2016 FBn