Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Sekolah Digusur, Siswa Belajar di Ruangan Seperti Kandang Kerbau

Sekolah Digusur, Siswa Belajar di Ruangan Seperti Kandang Kerbau

Serang,fesbukbantennews.com (7/9/2015) – Gedung Sekolah Dasar Negeri Sadah yang berada di Kampung Sadah Desa Kaserangan Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Banten kondisinya memprihatinkan layaknya kandang kerbau.kaserangan

Sejak seminggu yang lalu, sebanyak 90 siswa SDN Sadah mesti diungsikan karena bangunan sekolah yang sudah ditempati belasan tahun berada di atas lahan yang rencana akan dibangun Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang (Puspemkab) sehingga terpaksa pindah.

Namun, gedung baru untuk kegiatan belajar tidak disediakan oleh Pemkab Serang, akhirnya dengan kesepakatan warga bersama orang tua murid, serta pihak sekolah terpaksa menempati Madrasah Hidayatul Mustafid yang letaknya tidak jauh dari lokasi SDN Sadah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Rencananya bangunan sekolah yang lama akan digusur, akan dibangun puspemkab, hasil musyawarah kita tempati sementara gedung madrasah ini, walaupun dengan kondisi tak layak,” menurut salah satu guru SDN Sadah Sobana kepada wartawan.

Para guru kerap mendapatkan keluhan dari para siswa yang mengeluhkan kondisi sekolah dengan dinding triplek, lantai tanpa keramik, serta atap menggunakan asbes namun masih terdapat lubang dimana – mana.

Bahkan kata Sobana, para siswa mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari kandang kerbau milik warga yang berada dibelakang gedung sekolah yang saat ini ditempati,  sehingga proses belajar tidak kondusif.

“Yah begini, kalau hujan pasti kita pindah, kalau panas mesti pindah tempat duduk, Memang mengeluh mah mengeluh, tapi semangat belajar bagus,” keluh Sobana.

Pantauan dilokasi, sekolah yang tidak mempunyai ruang guru ini hanya memiliki empat ruang kelas, dua permanen, sedangkan dua lagi tidak permanen hanya dibatasi sehelai triplek.

Akibat keterbatasan kelas, siswa kelas 1 dan 2 harus bergantian untuk dapat belajar dengan kelas 3 dan 4.

“Tidak nyaman, bau kerbau, pengennya ada sekolah yang baru, kaya dulu, kalau sekarang jelek sekolahnya” kata salah satu siswa kelas 5 SDN Sadah, Siti.(dhow/LLJ)

Copyright @2016 FBn