Sejumlah Camatnya Dipanggil Bawaslu, Bupati Pandeglang; Bawaslu Jangan Genit

0
238

Pandeglang,fesbukbantennews.com (13/2/2019) – Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengomentari perihal pemanggilan terhadap sejumlah Camat di Kabupaten Pandeglang oleh Bawaslu karena diduga tidak netral mengajak berangkat desa untuk mendukung anak Bupagi. Irna mengaku menyayangkan langkah Bawaslu tersebut, karena menurutnya, pemanggilan Bawaslu terhadap camat harus seizin Bupati.

Bupati Pandeglang ,Irna Narulita.

“Bawaslu tidak boleh memanggil camat tanpa seizin saya. Jadi saya sampaikan, Bawaslu jangan genit, jangan mau tampil, jangan mau cari nama, kalau memang ada kesalahan, sebutkan kesalahannya apa,” kata Irna usai menghadiri kegiatan Musrenbang Kecamatan di Labuan, Rabu 13/02/2019.

“Kalau dia ingin memeriksa anak buahnya kepala dinas, dia wajib minta izin ke kepala dinas, tapi kalau kepala dinas atau camat yang dipanggil Bawaslu, harus seizin bupati,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Irna, ketika melakukan pemanggilan, Bawaslu pun harus dapat memilih waktu yang tepat. “Jangan sumir, sehingga Bawaslu bisa memilah waktu waktu produktif, kayak sekarang nih, mau dipanggil dalam keadaan kita sedang Musrenbang,” katanya.

Irna menegaskan, soal netralitas ASN pada Pemilu 2019, dirinya sudah melakukan pembinaan dan menyebarkan surat edaran. “Saya sudah berikan klarifikasi, bupati memberikan surat edaran untuk netralitas ASN. Dan untuk pembinaan juga sudah, kurang apa lagi.” tukasnya.

Sebelumnya, Bawaslu memanggil 5 camat di Kabupaten Pandeglang yang terindikasi tidak netral pada Pemilu 2019. Kelima camat itu yakni Camat Cigeulis Kosasih, Camat Cikedal Surya, Camat Cimanggu Suheli, Camat Cibaliung Djaya, dan Camat Munjul Aan Suandi.

Untuk diktehuai, Bawaslu Kabupaten Pandeglang memanggil Camat Cikedal Surya Darmawan terkait dugaan mengajak ASN dan Perangkat Desa untuk membuat komitmen dukungan pada anak sulung Bupati Pandeglang yakni Riska Aulia Rahman Dimyati yang maju sebagai Caleg DPR RI.

Vidio pernyataan ajakan Surya dalam acara pembinaan perangkat desa dan Kelembagaan se Kecamatan Cikedal, Kabupaten Pandeglang di gedung PKPRI Amanah Kecamatan Cikedal yang dilaksanakan beberapa hari lalu beredar di masyarakat.
Intinya dalam vidio tersebut pernyataan Camat Cikedal telah menguntungkan salah satu Peserta Pemilu yakni anak Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Diketahui, tiga anak Bupati Pandeglang Irna Narulita dan mantan Bupati Pandeglang Dimyati Natakusumah maju sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.

Rizka Amalia R Natakusumah maju dari NasDem, dan Rizki Aulia Rahman Natakusumah dari Demokrat. Mereka berdua maju di Dapil 1 Banten bersaing dengan sang ayah Dimyati Natakusumah yang maju melalui PKS. Terakhir, Risya Azzahra Rahimah Natakusumah, maju di Dapil 2 dari Partai NasDem.(young/LLJ).