Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Sebanyak 601 Desa di Banten Belum Mempunyai Penerangan Jalan Umum

Sebanyak 601 Desa di Banten Belum Mempunyai Penerangan Jalan Umum

Serang,fesbukbantennews (7/3/2015) – Sebanyak 601 dari 1.551 desa dan kelurahan di Provinsi Banten belum mempunyai Penerangan Jalan Umum (PJU). Selama ini penerangannya mengandalkan dari rumah penduduk.

Ilustrasi (net)

Ilustrasi (net)

“keberadaan penerangan jalan utama (PJU) di desa dan kelurahan sebanyak 38,75 persen masih belum tersedia penerangan jalan utama,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Syech Suhaimi, dalam pesan singkatnya, Sabtu, (07/3).

Karena masih banyaknya jalan desa yang belum diterangi PJU, sehingga jalanan tersebut hanya mengandalkan penerangan dari rumah penduduk sekitar.

Sedangkan sebanyak 716 desa dan kelurahan penerangan bersumber dari listrik pemerintah, dan sebanyak 234 desa dan kelurahan disediakan oleh non pemerintah.

“Secara persentase desa dan kelurahan yang sudah memiliki penerangan di jalan utama adalah 61,25 persen. Sekitar 24,63 persen masyarakat tidak menggunakan listrik PLN,” terangnya.

Desa dan kelurahan terbanyak yang belum memiliki PJU berada di wilayah Banten Selatan, dari 339 desa dan kelurahan di di Kabupaten Lebak, sebanyak 197 nya tidak memiliki PJU.

“Artinya baru hanya 142 desa dan kelurahan yang sudah memiliki PJU. Jadi lebih dari 50 persennya tidak memiliki PJU,” tegasnya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2016 FBn