Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Satu dari Empat Badak Yang Baru Lahir di Ujungkulon Diberi Nama Irna
Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat.(paling kanan)

Satu dari Empat Badak Yang Baru Lahir di Ujungkulon Diberi Nama Irna

Pandeglang, fesbukbantennews.com (23/9/2017) – Empat anak badak jawa atau Rhinoceros sondaicus Desmarest diberi nama oleh Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) pada perayaan hari badak dunia tahun 2017. Keempat anak berjenis kelamin jantan diberi nama Prabu, Manggala. Sedangkan betina diberi nama Mayang dan Irna.

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat.(paling kanan)

Kepala Balai TNUK Mamat Rahmat mengatakan, dari hasil identifikasi klip video badak jawa, ditemukan empat individu anak badak jawa yang diduga lahir di tahun 2016 yang terdiri atas dua individu jantan dan dua individu betina.

“Salah satu anak badak diberi nama Irna yang diambil dari nama ibu Bupati Pandeglang (Irna Narulita) sebagai ‘Ibu Badak Jawa’ sesuai permintaan Ibu Bupati,” kata Mamat kepada wartawan, Jumat (22/9/2017).

Selain itu, pemberian nama tersebut berguna untuk mempermudah petugas untuk melakukan monitoring di lapangan.

Berdasarkan data hasil monitoring tahun 2016 yabg dilakukan dengan 100 kamera video trap yang ditempatkan di

semenanjung Ujung Kulon yang menjadi habitat badak jawa jumlah badak jawa di TNUK sebanyak 67 ekor tercatat.

Seluruh badak itu dengan komposisi jenis kelamin .37 individu jantan dan 30 individu betina serta kelas umur anak 13 individu dan remaja-dewasa 54 individu.

“Kondisinya (populasi) sangat terancam. Oleh karna itu, perayaan hari badak dunia tahun ini kita pilih tema Diujung Cula Badak Jawa. Karna, diujung itu biasanya sangat keritis,” jelasnya.(LLJ).

Copyright @2016 FBn