Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Sapanji Sasilliwangi Mapag Seba Jagat Parahyang III Segera Digelar
Sapanji Sasilliwangi Mapag Seba Jagat Parahyang III.

Sapanji Sasilliwangi Mapag Seba Jagat Parahyang III Segera Digelar

Serang,fesbukbantennews.com (6/4/2016) – Setelah sukses menggelar jilid I & II pada 2014 lalu, Sapanji Sasiliwangi – Mapag Seba Jagat Parahyang III akan kembali digelar pada pada Kamis, 21 April 2016 yang akan datang.

Sapanji Sasilliwangi Mapag Seba Jagat Parahyang III.

Sapanji Sasilliwangi Mapag Seba Jagat Parahyang III.

Sapanji Sasiliwangi kali ini akan dibuka dengan dialog interaktif kebangsaan bertemakan “Budaya Sebagai Pertahanan Bangsa dalam Menghadapi MEA” bersama beberapa tokoh masyarakat. Acara juga akan dilanjutkan dengan peluncuran buku “Ajar Pikukuh Sunda” yang berisi sekilas mengenai wawasan kebudayaan dan kebijaksanaan Sunda yang telah teruji selama ribuan tahun.

Bertempat di Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat, Bandung, pada kesempatan ini juga akan diberikan “Penganugerahan Batara Guru” bagi para jasawan di bidang Kebudayaan, Kebangsaan dan Kenegaraan. Pemberian penghargaan dimaksudkan agar generasi yang akan datang semakin termotivasi untuk semakin giat melaku guna dan berkarya. Selain itu, penghargaan ini merupakan penghormatan pada anak bangsa yang mengabdi pada peradaban dan kebudayaan melalui bidangnya masing-masing, sekaligus menanamkan sifat pada masyarakat agar menjadi bangsa yang tidak mudah melupakan jasa.

Seperti pada pagelaran sebelumnya, puncak acara akan diisi dengan pemutaran film dokumenter budaya berjudul “Iket Panji Barangbak Semplak” yang menyajikan sejarah runtuhnya bangsa Nusantara, terbelahnya sistem pemerintahan di Jawa dan Bali, serta bukti yang menunjukkan bangsa kita sebagai bangsa yang memiliki peradaban tinggi, tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Acara akan diramaikan juga dengan berbagai pagelaran seni adat dari Jawa dan Bali, serta ditutup dengan menghening bersama untuk negeri dibawah bulan purnama.

Kami mengundang seluruh elemen masyarakat dan media untuk turut hadir dalam acara ini. Acara terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun, namun sebagai tiket masuk setiap orang diwajibkan memakai iket kepala bagi lelaki dan karembong bagi wanita. Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung menghubungi panitia di 081 321 446 218.

Acara diselenggarakan berkat kerjasama Bumidega Sunda Academy, Yayasan Bumi Dharma Nusantara, Yayasan Ambu Seba, Biker Brotherhood MC, Pakarang Adat, Taman Budaya Jawa Barat, dan Sinema Tihes. Rahayu Sagung Dumadi. (LLJ)
Pengirim: Tubagus Saptani Suria

Copyright @2016 FBn