Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Banten Luncurkan Program #Zakat 360
Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman (kanan), secara simbolis launching #Zakat 360, Rabu (24/5/2017).

Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Banten Luncurkan Program #Zakat 360

Serang,fesbukbantennews.com (24/5/2017) – Menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H/2017 M, Dompet Dhuafa meluncurkan semangat kampanye #zakat360 dengan tagline Buka Belenggu Kemiskinan. Semangat tersebut merupakan lanjutan dari gerakan Zakatnesia. Dompet Dhuafa berharap, kampanye ini dapat membangkitkan semangat berzakat dan menjadikan zakat sebagai gaya hidup masyarakat Indonesia.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman (kanan), secara simbolis launching #Zakat 360, Rabu (24/5/2017).

“Semangat #zakat360 berupaya mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan. Gerakan ini adalah dukungan secara komperhensif dan totalitas kepada masyarakat. Jadi kita hadir tidak mau setengah-setengah, tetapi menyeluruh 360 derajat,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman, Rabu (24/5/2017).

Energi #zakat360 kian tercermin dalam program-program yang digagas Dompet Dhuafa Ramadhan tahun ini. Khusus di Banten, Dompet Dhuafa membentuk sejumlah program kepedulian sosial yang melibatkan lapisan masyarakat Banten dalam pelaksanaannya, di antaranya Tebar Zakat Fitrah Banten, Seminar dan Kajian Islam, Dakwah On Air, Sahabat Berbagi Harapan, Takjil Sehat On the Street, Kado Lebaran Anak Yatim, dan Berbagi Nikmat Lebaran.

Berbagi Nikmat Lebaran adalah salah satu program yang kembali diunggulkan tahun ini. Di tahun ketiga pelaksanaannya, program yang dijalankan dengan mengantarkan paket sembako sehat langsung ke rumah-rumah masyakar miskin menjelang Hari Raya Idul Fitri ini kembali melibatkan ratusan relawan dengan ribuan penerima manfaat.

Mokhlas Pidono, Program Manager Dompet Dhuafa Banten menyampaikan, timnya menargetkan paket sembako sehat untuk 3000 masyarakat dhuafa. “Beras yang kita berikan adalah beras organik bebas pestisida produksi petani pemberdayaan Dompet Dhuafa, ada juga terigu berkualias, gula, susu, lauk pauk, dan minyak goreng,” ujar Mokhlas.

Ramadhan tahun ini, Dompet Dhuafa Banten menargetkan menghimpun dana zakat, infak, dan sedekah sebesar Rp1.023.795.319. “Target ini naik 74 persen dibanding tahun lalu yang berhasil mengimpun sebesar Rp587.157.472,” tutur Fundraising & Communications Manager Dompet Dhuafa Banten, Dedi Setiawan.

Setiawan menyebut, timnya optimistik mampu mencapai target dengan terus menghadirkan kemudahan layanan ziswaf (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) kepada masyarakat, seperti menunaikan ziswaf di konter yang dibuka di pusat perbelanjaan, kantor pelayanan publik, dan rumah sakit. Selain itu, kata Setiawan, Dompet Dhuafa juga menghadirkan layanan jemput ziswaf ke rumah atau kantor muzaki (orang yang menunaikan zakat), layanan ziswaf via banking, fitur kalkulator zakat, dan menggandeng sejumlah lembaga sebagai Mitra Pengelola Zakat (MPZ).

“Selain menghimpun, kita terus berikhtiar mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda yang sudah berpenghasilan bahwa ada hak orang lain di harta kita. Zakat itu tidak hanya di bulan Ramadhan atau zakat fitrah, tapi ada juga zakat penghasilan dan zakat maal yang wajibnya sama,” ujar Setiawan.(DD Banten/LLJ)

Copyright @2016 FBn