Sambel Kutang, Makanan Favorit Warga Banten

0
379

Serang,fesbukbantennews.com (1/11/2018) – Daerah Serang ,Banten memilik banyak makanan lokal yang jadi favorit. Diantaranya rabeg, sate bandeng atau pecak Bandeng. Ada satu lagi makanan favorit warga Serang Banten, yaitu “kutang” alias kulit tangkil (melinjo). Kutang   bisa dimasak dengan Berbagai macam olahan. Ada yang ditumis , ada yang disambel burog. Namun yang paling jadi favorit.

Sambel Kulit Tangkil.(FBn).

Bahkan bukan hanya Warga Kota / Kabupaten Serang saja menjadikan Kutang sebagai makanan favorit. Hampir semua daerah di Banten menyukai Kulit Tangkil.

Jika di daerah luar Banten, masih menganggap aneh dengan kulit tangkil/melinjo. Yang biasanya dibuang ,di daerah Banten malah dimasak dengan berbagai macam aneka masakan.

Jika Anda berkunjung ke kota dan kabupaten Serang, sambel kutang bisa Anda coba. Olahan biji melinjo menjadi keripik emping mungkin sudah sangat familiar, tapi olahan kulit tangkil/melinjo seperti sambel kutang tak sebegitu terkenal. Tapi soal rasa, Anda patut mengenalnya.

Kulit Tangkil / melinjo.

Kulit melinjo matang yang berwarna merah diiris kecil-kecil ditumis hingga layu. Warnanya yang merah sekilas terlihat seperti irisan cabai merah. Cita rasa sambel kutang identik dengan pedas. Campuran cabai, bawang merah, bawang putih, daun salam, kemiri, membuat cita rasa khas masakan kulit tangkil sangat khas.

Makanan ini semacam sayuran pendamping nasi. Biasanya, sambel kutang menjadi sajian saat acara hajatan atau selametan. Tak jarang, sambel kutang juga menjadi sayuran untuk bingkisan atau berkat untuk jemaah sepulang pengajian-pengajian.

Makanan hari raya juga selalu ditemani sambel kutang. Sambel ini sangat cocok untuk teman makan ketupat dan opor. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba kuliner khas ini, tak perlu menunggu saat hari raya. Beberapa rumah makan bahkan di warteg-warteg di Serang biasa menyediakan sambel kutang.(LLJ)