Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Sah! , Rano Dilantik Jokowi Gantikan Atut

Sah! , Rano Dilantik Jokowi Gantikan Atut

Jakarta,fesbukbantennews.com (13/8/2015) -Presiden Joko Widodo mengambil sumpah dan janji jabatan Rano Karno sebagai Gubernur Banten di Istana Negara Jakar Rabu (12/08). Rano Karno resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Gubernur Banten sisa masa jabatan 2012-2017 menggantikan Ratu Atut Chosiyah.

Rano dilantik Jokowi di Istana Merdeka.(foto:humas)

Rano dilantik Jokowi di Istana Merdeka.(foto:humas)

Pelantikan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB. Rano tampak sumringah memakai seragam putih lengkap. Tak lama, dia maju ke depan dan mengucapkan sumpah dan janji sebagai gubernur. Presiden Jokowi kemudian menandatangani dokumen.

Dihadiri sejumlah pejabat negara dan menteri kabinet kerja, tokoh politik dan pejabat dilingkungan Pemprov Banten, dia menjadi gubernur sisa jabatan 2012-2017

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian janji yang diucapkan Rano Karno saat dilantik di Istana Negara.

Usai dilantik, Rano Karno mengatakan, tugas utamanya sebagai gubernur adalah melanjutkan program pembangunan yang sudah tertuang dalam  RPJMD tahun 2012-217 serta membawa provinsi banten ke arah yang lebih baik lagi.

Ia juga akan memfokuskan pada peningkatan pembangunan Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan.

“Kita juga akan fokus untuk membangun Tol Serang Timur sampai Pandeglang untuk menunjang kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung.  nah ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat di sana,” ucapnya.

“Namun kita juga fokus menghadapi kemarau, karena dibeberapa daerah banten sedang dilanda kekeringan, namun ditengah kemarau ini masih ada panen raya, hari ini dilebak ada panen raya, itu artinya balancing antara iklim dengan hasil pangan harus ada desain yang baik,” katanya.

Acara pelantikan Rano Karno sebagai orang nomor satu d banten ini juga dihadiri oleh istrinya Dewi Indriarto beserta keluarganya, Sekda Banten Kurdi Matin, Kapolda Banten Brigjend Pol Boy Rafli Amar, Danrem 064/MY Kol Infanteri Ana Supriyatna, Seluruh Pimpinan DPRD Banten, Tokoh Masyarakat Banten Embay Mulya Syarif, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Banten.

Pelantikan Rano ini lain dari kebiasaan pelantikan gubernur yang ada di Indonesia beberapa tahun terakhir, pasalnya Rano merupakan gubernur ke dua setelah Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh orang nomor satu di Indonesia dan dilakukan di istana negara.

Presiden RI mengeluarkan Keppres mengenai pelantikan Rano Karno sebagai Gubernur Banten setelah DPRD Banten mengusulkan pengangkatan gubernur dan pemberhentian gubernur  kepada Menteri Dalam Negeri.

Keppres tersebut bernomor 78/P Tahun 2015 tentang  pengesahan pengangkatan Gubernur Banten sisa masa jabatan 2012-2017.

Dalam Keppres tersebut disebutkan  pemberhentian dengan hormat Rano Karno sebagai  Wakil Gubernur Banten  masa jabatan 2012-2017 disertai ucapan terima kasih dan atas jasa jasa selama memimpin Banten dan mengesahkan pengangkatan Rano Karno sebagai gubernur Banten yang  berlaku sejak pelantikan tanggal 12 Agustus.

Usai pengucapan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi dan dilanjutkan dengan penandatanganan agenda pelantikan, semua undangan memberikan ucapan selamat kepada pejabat yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang ini didampingi istri tercinta.(hmsbtn/LLJ)

Copyright @2016 FBn