Resmikan Pabrik Baru, Bupati Serang Ajak Entaskan Pengangguran

0
240

Serang,fesbukbantennews.com (15/8/2017) – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengajak stakeholder untuk bersama mengentaskan pengangguran di Kabupaten Serang yang disebabkan tingakat Sumber Daya Masyrakat (SDM) rendah. Hal tersebut dikatakan Tatu saat memberikan sambutan persemian PT Tekhnologi Rekayasa Katup (TRK) di Desa Parigi, Kecamatan Cikande , Selasa (15/8/2017).

Bupati Serang Rt Tatu Chasanah saat peresmian PT Tekhnologi Rekayasa Katup (TRK) di Desa Parigi, Kecamatan Cikande , Selasa (15/8/2017).

Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, Komandan Dandim 06/02 Serang Czi Harry Praptomo, Kepala Disperindagkop Abdul Wahid, Owner PT TRK Sony, dan Direktur PT TRK Leny.

Tatu menjelaskan, Kabupaten Serang merupakan kawasan industri strategis, jumlah tersedia sekitar 500 industri yang tersebar di wilayah Serang Barat dan diperuntukan bagi industri kimia, logam dasar dan rancang bangun yang bersifat padat modal dan wilayah Serang Timur yang diperuntukan bagi aneka industri yang bersifat padat karya.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten serang menyambut gembira atas kehadiran PT. Teknologi Rekayasa Katup di Kecamatan Cikande, keberadaan pabrik ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal, khususnya yang ada di Kecamatan Cikande dan sekitarnya, sehingga dapat membantu pemerintah Kabupaten Serang dalam mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya.

Ia mengatakan, melalui PT TRK bisa mendorong program Jaringan gas bumi (Jargas) untuk rumah tangga sekaligus konversi minyak (bbm) ke gas masuk ke Kabupaten Serang, dengan pipa gas yang melewati ke setiap kecamatan di Kabupaten Serang maka dari Pipa Gas Negara (PGN) tersebut bisa memberikan kontribusi ke setiap Kecamatan.

“ Karena jalur PGN yang sudah masuk ke beberapa kecamatan seperti Cikande, Kramat. Selain itu, Dengan adanya PT TRK bisa memberikan kontribusi peluang pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang bisa bersaing. Perusahaan ini bersifat ramah lingkungan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menuturkan, pembentukan usaha milik masyarakat mesti didorong oleh Pemerintah Daerah untuk mengurangi dampak impor yang dilakukan saat ini oleh pemerintah pusat sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Negara untuk mendapatkan dan keuntungan dua kali lipat.
“Siapapun investor masuk ke Negara akan dipermudah dan Pemda setempat juga harus bantu seperti izin dan lainnya.Bupati Serang sudah siap membantu dan optimis akan memajukan industri di Kabupaten Serang,” katanya.

Archandra berharap, pihak perusahaan bisa memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Sehingga perusahaan pun bisa didorong untuk lebih maju jika sudah sesuai dengan SOP pemerintah.
“Karena bagaimanapun jika perusahaan tidak menuruti aturan pemerintah maka susah untuk dipasarkan. Contohnya, harga kemahalan, spesifikasi tidak sesuai, dan kualitas jauh dari harapan. Secara otomatis pasar juga kurang tertarik sehingga perusahaan tersebut tidak bisa diajak untuk maju,” ujarnya saat konferensi pers

Sekedar diketahui, PT TRK memproduksi bahan katup dengan tujuan mengurangi impor bahan katup untuk Minyak, Gas, Panas Bumi, dan Petrokimia yang dipasarkan diseluruh Indonesia. Didukung dengan mesin berteknologi dan pengelolaan kualitas dengan standar internasional.(pkbSerang/bknADV/LLJ).