Templates by BIGtheme NET
Home » Berita » Resmi Dibuka, Pesona Ramadhan Banten 1440 H Meriah
Pesona Ramadhan Banten 1440 H.

Resmi Dibuka, Pesona Ramadhan Banten 1440 H Meriah

Serang, fesbukbantennews.com (25/5/2019) – Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Serang menggelar acara ‘Pesona Ramadhan Banten 1440 Hijriah’ yang bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (Asperapi) Banten, dan Kementerian Pariwisata.

Pesona Ramadhan Banten 1440 H.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Pendopo Kabupaten Serang tersebut merupakan upaya untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan 1440 H.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, ditujukan sebagai wahana untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif dan pariwisata yang ada di Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati dalam sambutannya mengatakan, Banten memiliki banyak destinasi wisata, diantaranya wisata bahari, ekowisata, wisata minat khusus, ekowisata, industri dan lainnya. Banten memiliki tujuh wonders yang menjadi perekat atau magnet bagi wisatawan.

Dalam acara Pesona Ramadhan ini, lanjut Eneng, tidak hanya menampilkan produk unggulan kreatif, melainkan juga beragam potensi wisata yang ada di Provinsi Banten khususnya wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang yang beberapa waktu lalu terkena musibah tsunami.

“Oleh karena itu Dinas Pariwisata Provinsi Banten bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata terus menggenjot pariwisata yang terkena dampak tsunami agar cepat bangkit dari keterpurukan,” ujarnya, Sabtu (24/5/2019) saat pembukaan.

Eneng menambahkan, kegiatan ini bukan saja untuk mengisi Ramadhan, tetapi juga untuk mendorong terus berkembangnya ekonomi kreatif di Banten.

“Untuk ekonomi kreatif, ada 16 sub sektor yang kita punya. Tapi, kita baru men-support beberapa saja. Seperti kuliner, fashion, handycraft, dan film. Tapi, kita juga ingin menyampaikan ke wisatawan jika Selat Sunda Aman,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Serang H Pandji Tirtayasa, berharap selama acara Pesona Ramadhan Banten 1440 H, dirinya menginginkan masyarakat Banten Khususnya warga Serang agar dapat terus menjalankan Puasa ini dengan penuh ketakwaan.

“Acara ini juga sangat membantu untuk mempromosikan dunia pariwisata yang ada di Banten. Khususnya Kabupaten Serang yang mengharapkan kerjasama nya kepada Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata Provinsi Banten untuk membantu tercapainya wisata religi yang sedang di realisasikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Serang,” ucapnya.

“Kita punya Tanara yang bisa dijadikan destinasi wisata religi. Tanara adalah tempat lahir dan tinggalnya Syeikh Nawawi. Namanya sudah sangat tenar. Oleh karena itu Tanara kita optimalkan sebagai destinasi wisata religi,” ungkapnya.

Pandji juga menjelaskan akan mendorong produk hasil UMKM  agar menjadi produk unggulan serta sebagai daya tarik wisatawan baik lokal ataupun mancanegara.

“Jadi wisata itu bukan hanya wisata alam ataupun hiburan, tetapi juga wisata kuliner inilah yang kita dorong untuk menjadi produk unggulan, yang menjadi produk wisata,” paparnya.

Dalam Pesona Ramadhan 1440 H, sebanyak 30 stand yang merupakan para pelaku ekonomi kreatif ditampilkan seperti kuliner, pakaian, destinasi wisata, travel agent, bank, kerajinan tangan dan lainnya.

Pembukaan Pesona Ramadhan Banten 1440 H dihadiri oleh Wakil Bupati Serang  Bapak Panji Tirtayasa, Kadispar Banten Eneng Nurcahyati , Kabid Pemasaran Area Jakarta-Banten Ni Komang Ayu  Astiti yang mewakili Asdep Pemasaran I Regional II Kemenpar, Ketua DPD Asperapi Banten Deden Sunandar, Dewan Penasehat DPP Asperapi Effi Setiabudi, perwakilan BI cabang Banten, dan sejumlah OPD Kab/Kota se Provinsi Banten.

Melalui rilis, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, Kemenpar sangat komitmen untuk mendukung kelancaran event selama Ramadhan.

“Untuk menyambut Ramadhan, Kemenpar membuat program Pesona Ramadhan dan Pesona Lebaran. Terutama, pada daerah yang dilintasi jalur mudik. Dan Banten salah satu yamg dilintasi. Kita juga aktif mendukung pesona lebaran. Tujuannya mendatangkan wisatawan nusantara. Karena di saat itu, banyak pergerakan,” katanya.

Adella menambahkan, dukungan terhadap event ini menjadi bukti nyata dukungan Kemenpar untuk Banten. Khususnya, bagi Banten yang sempat dilanda tsunami akhir tahun 2018 lalu.

“Saat tsunami, pariwisata Banten mencapai titik nol. Makanya, kita akan bangkitkan kembali pariwisata Banten. Bahkan harus dikemas lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, acara Pesona Ramdahan Banten 1440 H yang dibuka secara bersama-sama oleh Pemprov Banten, Pemkab Serang, Kemenpar RI, dan DPD Asperapi Banten berjalan dari pagi hingga malam hari.

Hari pertama diisi dengan kegiatan lomba masak kuliner khas daerah, lomba melukis gerabah dan drum kecil, demo memasak oleh chef Ranu, klinik tahsin Al-Qur’an, penampilan kesenian musik kontemporer dari Komunitas Teater Wonk Kite, Duta Cilik Pariwisata Aida Careen, dan Nasyid Syidan. (BR/LLJ)

Copyright @2018 FBn