Rektor IAIN Banten: Manfaatkan Pelatihan Praktik yang Baik Untuk Temukan Solusi Pembelajaran

0
272

Serang,fesbukbantennews.com (15/2/2016) – Guru yang memiliki kompetensi baik akan menghasilkan lulusan siswa yang berkompetensi  juga. Demikian pernyataan Fauzul Iman, Rektor IAIN SMH Banten (15/02) dalam pembukaan resmi, pelatihan praktik yang baik dalam pembelajaran dan manajemen sekolah tingkat SMP dan MTs untuk sekolah mitra LPTK. Beliau berkata, “Program USAID PRIORITAS sangat relevan dengan kebutuhan peningkatan mutu pendidikan karena lebih menekankan pada praktik yang baik di sekolah dan madrasah.”

Peserta kelompok IPA tampak sedang berdiskusi.
Peserta kelompok IPA tampak sedang berdiskusi.

Di hadapan puluhan guru, Rektor IAIN SMH tersebut menyambut baik pelatihan modul tiga yang sudah dilaksanakan untuk ketiga kalinya bagi sekolah mitra LPTK.  “Materi pada modul 3 dalam pelatihan ini jika dikuasai oleh bapak-ibu di sini pasti akan memberikan perubahan positif terhadap mutu pendidikan, khususnya siswa. Misalnya, penilaian autentik yang merupakan salah satu materi inti, yakni guru perlu mendalami sehingga menggambarkan kemampuan siswa secara utuh baik aspek afektif, psikomotorik maupun kognitif,”  serunya menegaskan manfaat pelatihan. Beliau berharap agar para guru dapat memanfaatkan hasil pelatihan untuk menemukan solusi pembelajaran.
Winarsih, guru IPA SMPN 6 yang hadir sebagai peserta menyampaikan manfaat pelatihan yang selama ini sudah diikuti sejak modul satu. Dia berkata, “Sebagai guru perlu kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran agar menarik bagi siswa, misalnya gambar sebagai media belajar atau metode diskusi dalam kelas. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah menyerap pembelajaran yang disampaikan.”

Pelaksanaan pelatihan terbagi menjadi dua bagian yakni pembelajaran kontekstual dan manajemen sekolah. Dr. Naf’an Tarihoran, Spesialis Pelatihan Guru untuk LPTK Banten USAID PRIORITAS mengatatakan pelatihan ini melibatkan para guru sebagai tenaga pendidik selama tiga hari. Dia menjelaskan, “Di hari ketiga, peserta akan mempraktikkan simulasi pembelajaran sesuai materi. Kemudian pada hari kamis dan jumat ini, akan dilaksanakan pelatihan khusus manajemen sekolah yang mengundang kepala sekolah, pengawas dan komite dari enam sekolah mitra di kota Serang.”

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh USAID PRIORITAS bekerjasama dengan IAIN SMH Banten dan UNTIRTA sebagai lembaga penyelenggara pendidikan untuk tenaga pendidik. Ada enam sekolah mitra yang berada di kota Serang yang turut serta menjadi peserta, yakni SMPN 3, SMPN 6, SMPN 7, MTsN 1, MTsN 2, dan MTs Padarincang.  Di Provinsi Banten, USAID PRIORITAS telah menjangkau 94 sekolah mitra. Hingga Januari 2016, program ini sudah menjangkau 2.257 guru dan 35.887 siswa.(LLJ)