Ratusan Relawan Tanam Mangrove di Pesisir Utara Banten

0
184

Serang,fesbukbantennews.com (12/12/2017) – Komunitas Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Banten melakukan penanaman pohon mangrove di Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Ahad (10/12/2017) dengan tajuk “Sewu Mangrove Kanggo Teluk Banten”. Kegiatan ini adalah aksi nyata dari para relawan dalam memperingati Bulan Menanam Nasional serta Hari Relawan International yang jatuh di bulan Desember.

Volunteer Dompet Dhuafa Banten menanam mangrove.

Penanaman pohon mangrove juga merupakan bagian dari komitmen DompetDhuafa  terhadap lingkungan dan masyarakatpesisir. Jenis pohon yang ditanam adalah jenis Mangrove Rhizopora. Tanaman tersebut merupakan tanaman khas pesisir yang kini keberadaannya semakin berkurang akibat aktivitas manusia.

Kegiatan ini melibatkan pelajar SMK Merdesa, Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang serta para relawan dari berbagai latar belakang dan daerah. Rangkaian acara diawali dengan sosialisasi manfaat mangrove oleh akademisi lingkungan hidup dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Mas Bayu Syamsunarno, S.Pi., M.Si.

“Kami ingin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keseimbangan ekosistem dengan peduli terhadap lingkungan. Karena kondisi yang ada saat ini di dominasi oleh tambak ikan yang semakin meluas. Alasan inilah kemudian muncul inisiatif untuk melakukan penanaman pohon mangrove,” kata Elin Akbar, Program Manager Dompet Dhuafa Banten.

Elin mengatakan, ada potensi besar untuk pengembangan hutan mangrove yang dipadukan dengan tambak ikan sebagai objek wisata berbasis edukasi lingkungan, meningkatkan zona hijau akibat meluasnya area tambak, serta meningkatkan kulitas air di kawasan pesisir.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif dalam aktivitas pelestarian lingkungan. “Dompet Dhuafa terus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program penghijauan kami baik dengan cara menjadi relawan atau menjadi donatur program sedekah pohon,” pungkasnya. (DD Banten/LLJ)