Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Ranta : Pendirian Bank Banten Diharapkan Perbaiki Ekonomi Masyarakat

Ranta : Pendirian Bank Banten Diharapkan Perbaiki Ekonomi Masyarakat

Serang,fesbukbantennews.com (16/10/2015) – Rencana pendirian Bank Banten oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Banten, diharapkan bisa membawa perbaikan perekonomian masyarakat dan membantu bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Banten.

Sekda Banten Ranta S.(dok)

Sekda Banten Ranta S.(dok)

“Bank ini diharapkan dapat memberikan kontibusi yang signifikan bagi pendapatan daerah,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Ranta Suharta, Kamis (15/10/2015).

Dari 34 Provinsi di Indonesia, baru 26 provinsi saja yang memiliki bank daerah. Dimana, kesemua nya dikelola langsung oleh pemerintah daerah. Jika Bank Banten berdiri, maka akan menjadi bank daerah pertama kali yang dikelola oleh BUMD.

Pembangunan Bank Banten sendiri semua nya diserahkan kepada PT. Banten Global Development (BGD) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Banten berdasarkan payung hukum yakni Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2013.

“Bank Banten sudah ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Perda, jadi kalau ini tidak dilakukan akan dimintai pertanggung jawabannya oleh legislatif di akhir masa jabatannya,” terangnya.

Sehingga, pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Banten, diharapkan memberikan masukan dan saran konstruktif terhadap pembangunan bank Banten yang rencananya akan beroperasi pada awal tahun 2016 mendatang.

“rencana pendirian Bank Banten sedang dalam proses sesuai ketentuan yang berlaku, pemprov akan mewujudkan (pendirian Bank Banten) secara bertahap. Maka dari itu kami (Pemprov) sangat mengharapkan masukan yang konstruktif dari semua pihak termasuk kabupaten dan kota,” tegasnya.

Berdasarkan catatan sejarah dari Banten Heritage, setidaknya di tahun 1950’an, Banten pernah memiliki Bank Banten yang di dirikan oleh para veteran kemerdekaan. Namun, pada tahun 1997, bangunan bergaya Art Deco tersebut dirubuhkan oleh Pemkab Pandeglang.

Bank Banten di zaman nya dahulu, menjadi kebanggaan sekaligus salah satu penggerak roda perekonomian masyarakat ibu kota Daerah Swatantra Tingkat II Pandeglang.

Pendirian Bank Banten berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan RI nomor 193 tahun 1950 tertanggal 9 Mei 1950, tentang prosedur pengembalian tenaga-tenaga darurat Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke masyarakat, semasa clach (agresi militer Belanda) kedua.

Kini, kebesaran nama Bank Banten hanya tinggal sebuah nama jalan yang tak jauh dari alun-alun Kabupaten Pandeglang, Banten. Daerah asal tempat berdirinya bank dengan kebesaran nama nya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2018 FBn