Rano : Seren Taun Cisungsang Ciptakan Ketahanan Pangan

0
534

Lebak,fesbukbantennews.com (7/9/2015) – Gubernur Banten Rano Karno menghadiri perayaan Seren Taun Cisungsang, Cibeber, Kabupaten Lebak, Minggu (6/9). Hadir pula sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Sekda Banten Ranta Soeharta, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Banten Asep Rahmatullah dan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi.

Rano hadiri seren taun cisungsang.(foto: hms)
Rano hadiri seren taun cisungsang.(foto: hms)

 

Gubernur Banten Rano Karno disambut oleh kesenian lesung yang dimainkan oleh sejumlah perempuan sembari dilatari dengan alunan musik tradisional. Selain disambut dengan kesenian tradisional, ribuan masyarakat yang datang pada acara tahunan ini menyambut Rano Karno dengan lambaian tangan.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, bahwa Seren Taunan ini merupakan kearifan lokal yang mampu menciptakan ketahanan pangan. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini mampu mempererat tali silaturahmi.

 

“Kearifan lokal yang seperti ini perlu dijaga dan dilestarikan, sehingga masyarakat yang memegang teguh kearifan lokal memiliki ketahanan pangan yang baik.” kata Rano dalam sambutannya.

 

Di kesempatan itu, Gubernur juga mengajak kepada masyarakat untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pasalnya, Banten memiliki potensi yang dilirik oleh para investor asing. Oleh karena itu, masyarakat Banten harus mampu bersaing dengan tenaga asing.

 

“Makanya saya menciptakan sinetron Si Doel Anak Sekolahan, karena saya menilai sekolah itu sangat penting. Apalagi era masyarakat ekonomi asian akan dimulai tahun 2016 mendatang,” tegasnya.

 

Di lokasi yang sama, Kepala Suku Adat Cisungsang Abah Usep mengatakan, Seren Taunan ini adalah kegiatan rutin tahunan yang merupakan betuk syukuran hasil panen padi yang sudah diwariskan sejak 700 tahun yang lalu.

 

“Untuk tema tahun ini adalah mengajak masyarakat untuk kembali mengingat adat istiadat. Kegiatan ini merupakan bukti kemakmuran masyarakat Banten Selatan, terhadap hasil buminya.” Katanya kepada wartawan.

 

Kasepuhan Desa Cisungsang ini juga berharap kepada Pemerintah provinsi Banten untuk dapat membantu kesejahteraan masyarakat sekitar dengan peningkatan pembangunan di daerah sekitar.

 

“Saya berharap pemerintah daerah mampu memberikan pembangunan yang lebih baik, sehingga mampu menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.” katanya.(hmsbtn/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here