Rano Raih Penghargaan Kebudayaan

0
161

Jakarta,fesbukbantennews.com (13/4/2016) – Sebanyak 43 kepala daerah baik tingkat provinsi, kota maupun kabupaten di Indonesia memperoleh penghargaan “Sindo Weekly Government Award” tahun 2016. Penyerahan penghargaan digelar di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (12/04/2016) malam.

Gubernur Banten Rano Karno raih penghargaan.(foto:humas Setda pemprov Banten)
Gubernur Banten Rano Karno raih penghargaan.(foto:humas Setda pemprov Banten)

Salah satu kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Gubernur Banten Rano Karno S.IP sebagai Provinsi terbaik dalam bidang/kategori “Kebudayaan” Penghargaan diberikan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman dan Dirut MNC Syafril Nasution.

Government Award 2016 adalah ajang penghargaan kepada daerah yang digelar oleh majalah Sindo Weekly untuk keempat kalinya. Kegiatan ini juga dalam rangka perayaan hari ulang tahun (HUT) majalah ini. Ketua DPD RI Irman Gusman dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi bagi kepala daerah yang memiliki prestasi baik dalam membawa kemajuan bagi daerahnya serta memberikan dorongan dan motivasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya terutama dalam bidang kebudayaan demi peningkatan kualitas daerah masing-masing yang pada ujungnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dampaknya antara lain menjadi inspirasi daerah lain yang belum memiliki kesempatan ini,” katanya.

Menurutnya, daerah memiliki sumbangsih atas kemajuan Indonesia. Maka dari itu, menurut dia, Indonesia membutuhkan kepala daerah yang tangguh. “Jika kepala daerahnya baik, maka Indonesia dapat lebih baik lagi,” ujarnya.

Goverment Award 2016 ini, telah menyediakan penghargaan 17 kategori, seperti, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, perempuan dan anak, tata kelola pemerintahan, keamanan dan toleransi, kreativitas peningkatan PAD, pemuda dan olahraga, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, UMKM dan koperasi, dan heritage. Selain itu 5 apresiasi kepada kepala daerah inspiratif.

Penilaian penghargaan ini dilakukan oleh tim redaksi Sindo Weekly yang diketuai oleh Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto. Diawali oleh riset dari berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori.

Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, penghargaan yang diterimanya ini merupakan sebuah pengakuan atas apa yang dilakukan selama ini. “Banten provinsi satu satunya belum punya meseum dipulau jawa. Itulah yang saya bangun, artinya kalo kali ini banten mendapatkan penghargaan dibidang budaya, itu yang hari ini sedang kita bangun,” kata Gubernur.

“Kedepan banyak tugas yang harus kita lakukan. Banten yakin bisa bangkit,” tambahnya.

Selain Gubernur Banten yang meraih penghargaan, Walikota Tangerang Arif Wismansyah juga meraih penghargaan kategori Pertumbuhan Ekonomi dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meraih penghargaan kategori tata kelola/tata wilayah.(hmsbtn/LLJ)