Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Rano : Pramuka Hari ini Keren, Asik dan Gembira
Rano Karno pada acara pembukaan Musyawarah Daerah IV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten.(foto:humass Setda pemprov Banten)

Rano : Pramuka Hari ini Keren, Asik dan Gembira

Serang,fesbukbantennews.com (6/4/2016) – Moto gerakan Pramuka hari ini adalah Keren, Ayik, Gembira berbeda dengan beberapa tahun lalu. Hal ini disampaikan Gubernur Banten H. Rano Karno pada acara pembukaan Musyawarah Daerah IV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu (06/4/16).

Rano Karno  pada acara pembukaan Musyawarah Daerah IV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten.(foto:humass Setda pemprov Banten)

Rano Karno pada acara pembukaan Musyawarah Daerah IV Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten.(foto:humass Setda pemprov Banten)

 

Hal ini, menurutnya bahwa dimana nilai-nilai kehidupan masyarakat kita telah berubah dan terus berkembang apalagi dalam era globalisasi dan selalu berkaitan dengan anak muda juga untuk memantapkan eksistensi gerakan Pramuka serta untuk meningkatkan fungsi gerakan Pramuka.

 

“Dimana nilai-nilai kehidupan masyarakat kita telah berubah dan terus berkembang, maka tentu tidak sama antara memimpin, membina, melatih Pramuka sekarang ini dibandingkan dengan 30, 20 bahkan 10 tahun yang lalu dan Pramuka hari ini memang harus Keren, Asik dan Gembira”, Jelas Gubernur Banten dalam sambutannya yang disambar langsung dengan riuh tepuk tangan para undangan yang hadir.

 

Selain itu Gubernur dalam sambutannya menyampaikan perlunya pemahaman dan penghayatan lebih tentang nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka demi membendung derasnya arus globalisasi yaitu permasalahan kemerosotan ahklak kaum muda yang mengancam dan bisa berpengaruh pada masa depan bangsa Indonesia.

 

“Kita mengikuti di media massa berbagai berita tentang kejahatan, kekerasan, tawuran dan kriminalitas serta berbagai peristiwa lainnya yang dapat mengancam tidak hanya kaum muda tetapi juga masa depan berbangsa dan bernegara. Maka dari itu perlunya lebih pemahaman juga penghayatan tentang nilai-nilai luhur Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka”, tegas Gubernur Banten.

 

Gubernur juga melanjutkan dalam sambutannya bahwa nilai-nilai tersebut adalah yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong menolong, gotong royong, bertanggung jawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan yang harus diterapkan pada kaum muda sedini mungkin.

 

Senada dengan hal tersebut Ketua Majelis Pembimbing Daerah H. M. Masduki menyampaikan apresiasi terkait pembinaan anggota Pramuka khususnya di Banten dalam mewujudkan Gerakan Pramuka sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 12 Tahun 2010.

 

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi atas tekad dan komitmen kakak-kakak seluruh anggota Pramuka Banten dalam membentuk setiap anggota Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berahklak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup”, jelas H.M. Masduki.

 

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan tunggul Kwartir Cabang (Kwarcab) Tergiat oleh Gubernur Banten kepada Kwarcab tergiat I, Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Tangerang diikuti II dan III yaitu Kota Tangerang Selatan dan Kab. Serang, sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten Nomor 004 Tahun 2016 tentang Kwartir Cabang Gerak

an Pramuka Tergiat Tahun 2016. Turut Hadir mendampingi Gubernur Banten Wakil Ketua Bidang Organisasi & Hukum Kwartir Nasional Dr. P. A. Kodrat Pramudhu dan Sekretaris Daerah Provinsi Banten . Ranta Soeharta.(hmsbantten/LLJ)

Copyright @2016 FBn