Rano Lepas 4000 Peserta Mudik Gratis 2016

0
155

Serang,fesbukbantennews.com (2/7/2016) – Sekitar empat  ribu warga Banten  mengikuit mudik gratis bareng bersama Pemprov Banten, Jum’at (01/06/2016). Keberangkatan mereka ke kampung halaman dilepas oleh Gubernur Banten Rano Karno di Halaman Masjid KP3B Curug Kota Serang. Turut mendampingi pelepasan Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah. Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Sekda Banten Ranta Suharta dan Kadishubkominfo Banten Revrie Aroes.

Gubernur Banten Rano Karno didampingi istri melepas 4000 peserta mudik gratis.
Gubernur Banten Rano Karno didampingi istri melepas 4000 peserta mudik gratis.

Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, dalam upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi selama masa penyelenggaraan angkutan lebaran, Pemprov Banten yang dalam hal ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika memandang perlu untuk memberikan dukungan kelancaran dan keselamatan anggkutan lebaran 2016/1437 H melalui penyelenggaraan program mudik bersama.

“Program ini salah satu bentuk kepedulian Pemprov kepada masyarakat yang berdomisili di wilayah banten berupa penyediaan kendaraan bus. Progam ini semoga bisa mengurangi kemacetan dan mengurangi jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas, khusunya pengguna kendaran motor,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Melalui program mudik gratis ini, Gubernur berharap dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat banten yang melakukan perjalanan mudik ke kota tujuannya dan terpenting adalah sebagai sarana memberikan kesadaran kepada masyarakat agar lebih memperdulikan pentingnya keselamatannya.

“Banyak program mudik gratis yang dilaksanakan baik oleh pemerintah, BUMN dan pihak swasta. Ini tentunya sejalah dengan komitmen bersama dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyinggung berkenaan dengan perbaikan infrastruktur dan pembangunan infrastruktur transportasi di Provinsi Banten pada tahun 2016 ini. menurutnya, sasaran dan target pembangunan yang akan dilakukan yaitu  tersedianya infrastruktur transportasi yang handal dan terintegrasi guna mendukung pergerakan orang, barang dan jasa. Sedangkan penyediaan sarana dan prasarana angkutan jalan yaitu penyediaan angkutan jalan, dimana pada angkutan lebaran tahun ini 5 terminal angkutan penumpang tipe A telah siap menerima kedatangan dan keberangkatan pemudik.

“Nanti dibantu juga oleh terminal tipe B dan yang tersebar di Kabupaten dan Kota. Kita telah menyediakan 1.603 armada AKAP, 150  armad AKDP dan 100 bus bantuan. Sementara angkutan udara, laut dan kereta api juga seluruhnya sudah siap,” ucapnya.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten Revri Aroes mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 80 armada berkapasitas 50 penumpang yang akan menampung sekitar 4.000 pemudik. “Program mudik gratis ini pesertanya lebih banyak dari tahun lalu. Kita melayani pemudik ke lima provinsi dengan enam belas lokasi tujuan yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatera,” kata Revrie.

 

Revrie menyebutkan, enam belas  daerah tujuan yang disiapkan untuk program mudik gratis ini yakni Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Tegal, Purwokerto, Cilaacap, Kebumen, Magelang, Semarang, Solo, Kudus, Yogyakarta, Madiun, Bandar Lampung, Palembang dan padang. Revrie mengatakan, demi menjaga kenyamanan dan keamanan penumpang, pihaknya bersama BNN dan Direktorat Narkoba Polda Banten sudah melakukan tes urine kepada para sopir bus. “Setelah tadi malam kami cek, Alhamdulillah sopir dan sopir cadangannya negatif narkoba, begitu juga kita cek seluruh armadanya dan seluruhnya layak jalan. Ini dilakukan agar para pemudik nyaman di perjalanan dan menghindari bahaya kecelakaan lalu lintas,” ucapnya.

Budiono salah seorang pemudik  yang akan mudik ke kota kudus mengaku senang bisa mengikuti mudik gratis yang digelar Pemprov, karena menurutnya harga tiket ke kudus saat ini sudah mencapai Rp 400 ribu per orang. “Saya mudik sama istri dan 2 anak saya ke kudus. Jadi kalo naik angkutan umum bisa sampai 1 juta lebih. Alhamdulillah adap program mudik ini,  bisa mengurangi biaya,” ucap Budiono, buruh bangunan di kawasan BSD Serpong.(hmsbtn/bukanADV/LLJ).