Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » PT Krakatau-Posco Kembali Meledak

PT Krakatau-Posco Kembali Meledak

Cilegon,fesbukbantennews.com (16/10/2015) – Pabrik baja patungan Indonesia dan Korea, PT. Krakatau-Posco (KP) di Ciwandan,Cilegon, Banten kembali meledak Kamis malam (15/10/2015) dengan suara keras yang mengagetkan warga sekitar.

Ledakan PT Krakatau-Posco Desember 2014 lalu.(dok:fbn)

Ledakan PT Krakatau-Posco Desember 2014 lalu.(dok:fbn)

“Suara ledakannya sangat besar, tidak seperti biasanya. Seperti suara geledek yang sangat kencang, sampai rumah bergetar,” kata Istanto, salah seorang warga RT 01 RW 02, Lingkungan Kebanjiran, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Kamis (15/10/2015).

Meledaknya pabrik KP tersebut terjadi sekitar pukul 21.45 wib. Dimana sesaat setelah terdengar suara ledakan, rumah warga dihujani oleh debu pekat bewarna hitam.

“Pokoknya debunya warnanya hitam, kayak sisa pembakaran. Kami menduga, ledakan itu muncul dari proses produksi yang sedang dilakukan Posco,” kata warga lainnya, Bedi, Kamis (15/10/2015).

Bahkan, warga yang saat itu sedang mengadakan pengajian di masjid berhamburan keluar karena menduga ada nya gempa bumi karena goncangan yang mereka rasakan begitu keras.

“Kita yang lagi pengajian langsung panik. Kita kira ada gempa. Kalaupun seperti geledek, tapi kan tidak dibarengi hujan. Kemarin juga sempat ada ledakan, tapi tidak sekeras yang barusan tadi,” terangnya.

Pihak PT.KP pun membenarkan telah terjadi nya ledakan pabrik yang memproduksi besi baja saingan dari PT. Krakatau Steel tersebut.

“Memang benar barusan infonya telah terjadi suara ledakan yang cukup keras di area slag yard. Suara ledakan yang terjadi sebagai akibat adanya penuangan slag panas, ternyata ada genangan air yang terjebak,” kata Direktur SDM dan Umum PT.KP, Andi Soko, Kamis (15/10/2015).

Meski begitu, berdasarkan informasi sementara, ledakan tersebut tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa, “Tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang berarti,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa pada 15 Desember 2014 lalu, pabrik Krakatau-Posco yang diresmikan oleh Presiden SBY di tahun 2013 pun meledak yang mengakibatkan tujuh karyawan nya meninggal dunia. Bahkan, karyawan bernama Yudha Aritama menderita luka bakar 90 persen yang kemudian harus dirujuk ke RSPP Jakarta dan meninggal dunia setelah koma selama lima hari.

Pada ledakan tahun 2013 lalu terjadi di lokasi Steel Making Plant (SMP), Krakatau-Posco. Area SMP merupakan areal pabrik pembuatan baja yang melakukan proses pengolahan dari besi cair menjadi baja cair. Bahkan, menurut penuturan warga sekitar pabrik Krakatau-Posco, perusahaan patungan antara Indonesia-Korea Selatan tersebut kerap meledak dan menimbulkan korban jiwa karyawan nya.(dhyie/LLJ)

Copyright @2018 FBn