Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Prangko Kisah Cinta 8 Windu Habibie-Ainun Didesain Warga Banten, Admin fesbukbantennews
Andi Suhud (kanan) saat memperlihatkan desain prangko perjalanan cinta Habibi-Ainun sebelum BJ Habibi wafat.(ist).

Prangko Kisah Cinta 8 Windu Habibie-Ainun Didesain Warga Banten, Admin fesbukbantennews

Serang, fesbukbantennews.com (17/9/2019) – Presiden RI ke-3 Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie memesan prangko untuk memperingati delapan windu perjalanan cintanya bersama sang istri, Ainun Habibie. Prangko yang dipesan Habibie memiliki delapan seri yang bertema keluarga. Prangko tersebut didesai oleh warga Kota Serang,Banten . Founder, admin dan relawan fesbukbantennews, Andi S Trisnahadi.

Andi Suhud (kanan) saat memperlihatkan desain prangko perjalanan cinta Habibi-Ainun sebelum BJ Habibi wafat.(ist).

“Pak BJH (BJ Habibie) yang minta, pada saat ulang tahun pernikahan waktu itu. Seri pertama delapan windu, kemudian ada perjalanan religius, yang saya ingat ada seri keluarga. Prangko ini tema keluarga. Ada juga kisah cinta pada saat di Jerman jadi ada 8 seri,” kata Andi Suhud yang juga Creative PT Thareq Habibie Carbon, (17/9/2019).

Andi mengatakan prangko itu dipesan dua tahun lalu untuk memperingati hari pernikahan dengan Ainun. Hari ini, pihak PT Pos Indonesia datang menyerahkan prangko seri pertama ke kediaman BJ Habibie.

Tiap seri prangko dicetak sebanyak 100 ribu lembar prangko kertas. Selain itu, ada prangko emas.

“Semua dijual massal 8 seri, setiap seri ada 100 ribu prangko kertas dan 60 prangko emas. Distribusi PT Pos,” tutur Andi.

Satu Dari Delapan desain prangko Habibi-Ainun karya admin fesbukbantennews.

Ide awal pembuatan Prangko Habibie Ainun sendiri menurut Andi, datang dari Bpk. BJ Habibie untuk mengenang 8 windu kebersamaannya dengan almarhumah ibu Ainun Habibie.

” PT POS menyambut ide tersebut pada tahun 2016 silam, namun beberapa desain yang diajukan oleh PT. POS pak BJ Habibie merasa kurang berkenan. Melalui anak keduanya Thareq Habibie, mulai memilih beberapa kolega desainer grafis yang bisa mereferensikan desain yang bisa memenuhi keinginan BJ Habibie, Thareq melakukan seleksi sebelum desain diajukan ke BJ Habiebie,” kata Andi.

Rekan Thareq, Gopal Uttiarrachaman merekomendasikan Andi Suhud, dengan memberikan beberapa referensi desain yang pernah Andi produksi, salah satunya desain untuk Gita Wiryawan beberapa tahun silam.

Andi menceritakan, pada Hari Kamis 23 Maret 2017, Andi dipanggil ke Patra Kuningan untuk bertemu dengan Thareq dan diberikan kisi-kisi tentang desain perangko yang akan dibuat.

Antara lain, lanjut Andi,
bahwa desain prangko menggambarkan tentang kisah cinta BJ Habibie dan Ainun Habibie, bukan sebagai mantan pejabat negara atau teknokrat.

“Proses desain yang memakan waktu kurang lebih 3 minggu akhirnya bisa diselesaikan dan disetujui oleh Pak BJ Habibie. Beliau sangat suka dengan konsep yang saya ditawarkan. Dari 8 desain yang saya diajukan, semua diterima dan dibuat prangko berseri,” ungkap Andi.

Andi menjelaskan, keunikan desain yang ditawarkan adalah Desain prangko berbentuk bujursangkar, dengan tampilan sampul yang memuat mozaik 5000 foto kehidupan BJ Habibie dan Ainun Habibie. Bahkan, foto tersebut sebagian besar foto yang belum pernah dipublikasi karena hasil jepretan kamera dan smartphone pribadi BJ Habibie dan Ainun Habibie.

“Adanya QR Code dan teknologi Augmented Reality (AR) yang disematkan dalam perangko juga menjadi daya tarik serta menimbulkan rasa penasaran para kolehktor filatelis,” jelas Andi.

Lebih jauh Andi menerangkan, Satu Seri perangko reguler pertama dirilis mulai awal tahun 2018 dengan jumlah sangat terbatas, dan dilanjutkan seri berikutnya hingga seri ke 7. Dan 60 keping prangko setiap seri dalam bentuk perangko Emas.

” sebagai bentuk terima kasih dan bentuk kepuasan, atas permintaan Thareq dan BJ Habibie, saya diminta tidak hanya sebagai desainer dan dibayar saja, tetapi ikut dalam tim PT. Thareq Habibie Carbon (sebagai pemegang lisensi prangko Habibie Ainun) dalam proses produksi serta kerjasama jangka panjang khususnya dalam program launching setiap seri prangko yang bekerjasama dengan PT. POS,” tukas Andi.(LLJ)

Copyright @2018 FBn