Pospenas VIII di Bandung, Target Banten Pertahankan Juara Umum

0
244

Bandung, fesbukbantennews.com (24/11/2019) – Pemprov Banten menargetkan kembali jadi juara umum pada Pekan Olah raga dan Seni Santri Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VIII yang diselenggarakan di Bandung 25-30 November 2019.

Kontingen Banten peserta Pospenas VIII.

Hal itu berdasarkan potensi Banten yang lada tahun 2016, kita keluar sebagai juara umum dengan perolehan 19 emas dan 9 perak.

” Selain itu, Pemprov Banten terus melalukan pembinaan menggali potensi para santri di berbagai bidang, antara lain bidang seni dan olahraga. Sehingga target tersebut bukan hal yang mustahil,” kata Kabiro Kesra Pemprov Banten Irvan Santoso dalam acara welcome dinner bersama ratusan atlet dan official kontingen Banten di Bandung, 24 November 2019.

Tahun ini, lanjut Irvan, pihaknya mengirimkan 292 peserta yang terdiri daei atlet dan official .Yang akan mengikuti 15 mata lomba Pospenas 2019.

“Pada Pospenas ke delapan ini,ada enam cabang olahraga dan cabang seni yang akan dilombakan dalam Pospenas. Cabang olahraga yang dilombakan di antaranya atletik, voli, pencak silat, futsal,  senam santri dan olahraga tradisional hadang. Kemudian cabang seni yang dilombakan di antaranya kaligrafi Islami, seni lukis Islami, seni kriya, seni hadrah, cipta dan baca puisi, stand up comedy, dan pidato bahasa Indonesia, Arab serta Inggris,” ujar Irvan.

Lebih jauh Irvan menjelaskan, event Pospenas ini jadi pemicu para santri. Supaya para santri tidak hanya ahli dalam bidang tafaqquh fiddin, tapi mereka juga bisa punya semangat dan jiwa seni serta olahraga.

Sebelumnya, pada pelepasan kontingen Pospenas Banten, Sekda Banten Al Muktabar yang menyampaikan sambutan Gubernur Banten yang mengatakan Pospenas adalah wahana untuk mewujudkan jati diri pondok pesantren yang sebenarnya, yakni berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khairat) sambil mengharap ridha Allah SWT.

“Filosofi inilah yang mendorong santri berupaya untuk berprestasi dan berkreasi dalam olah raga dan seni dalam rangka turut mengharumkan nama bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk mengharumkan daerah masing-masing yakni Banten yang kita cintai,” kata Al Muktabar.

Dalam kesempatan tersebut, Al Muktabar menyampaikan arahan Gubernur Banten Wahidin Halim untuk kontingen Banten antara lain berpesan agar senantiasa menjaga nama baik selama menjalankan tugas selaku anggota kontingen wajib untuk menjaga sikap maupun prilaku yang baik sebagaimana jati diri saudara-saudari sebagai atlet/seniman, sebagai santri, dan sebagian saudara-saudari adalah ASN.

“Hormati dan hargai peserta kontingen lain dan jalin hubungan silaturahmi, sehingga terbangun ukhuwah antara sesama peserta dari daerah lain,” katanya.(LLJ).