Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Polda Banten dan Kementrian LH Tanam 5000 Pohon di DAS Ciujung Lebak

Polda Banten dan Kementrian LH Tanam 5000 Pohon di DAS Ciujung Lebak

Lebak,fesbukbantennews (6/4/20015) – Kepolisian Daerah Banten bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan Menanam 5000 Pohon di DAS (Daerah Aliran Sungai) Ciujung Desa Cijoro Lebak Kabupaten Lebak. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Minggu (5/4) ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Green Action Polisi Sahabat Alam yang berlangsung sejak Sabtu (4/4) hingga Minggu sore.

Foto : humas lebak

Foto : humas lebak

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup Dr. Ir. Hilman Nugroho, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Kepala  SKPD di Lingkingan Pemkab Lebak, perwakilan dari LSM Garuda Nusantara Uli Sigar Rusadi dan Paramitha Rusadi, masyarakat dan pelajar, juga para kelompok petani yang ada di Kab. Lebak.

Sungai yang sehat adalah sungai yang bersih, airnya jernih, dan terjaga kebersihannya. Dirjen Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup Dr. Ir. Hilman Nugroho menyampaikan bahwa sungai yang sehat adalah sungai yang airnya bersih.

“Sungai yang sehat adalah sungai yang kualitas dan kuantitas airnya terjaga, juga kontinuitas. Adanya reboisasi DAS dan pembersihan DAS yang rutin.” Ujarnya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon di pinggiran DAS ini sudah sering dilaksakan, Ade menjelaskan bahwa masyarakat sudah lama melakukan penanaman pohon jabon, albasia dan lain-lain, namun pengakuannya masih terkendala pemasaran.

“Kami sudah beberapa kali menanam pohon di sekitar DAS yang ada di Kabupaten Lebak dengan tanaman Jabon guna memelihara DAS yang ada supaya tidak abrasi dan kualitasnya terjaga. Hanya saja setelah tanaman tersebut tumbuh besar, kami agak kesulitan menemukan pasar yang bisa menerima hasil panen Jabon kami. ” Ujar Ade.

Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar memberikan apresiasi terhadap partisipasi masyarakat Lebak yang turut menjaga lingkungan dengan melakukan penanaman pohon.

“Saya bangga dan mengapresiasi sekali kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lebak dalam menjaga DAS yaitu menaman pohon. Adapun untuk menyikapi kesulitan pasar, kami bersedia membantu pemasarannya, karena industri dan perhotelan di kota-kota besar Indonesia sekarang sedang beralih menggunakan furnitur atau meubel dari kayu yang berat ke kayu yang lebih ringat tapi juga kuat.” Ujar Brigjen Pol Boy Rafli Amar.

DAS Ciujung di Kabupaten Lebak ini merupakan tempat pertama yang ditanami 5000 pohon oleh Kapolda Banten dan Kementerian LH dalam rangkaian kegiatan Green Action Polisi Sahabat Alam yang rencananya akan digelar di seluruh Indonesia. 5000 pohon ini selain langsung ditanam di DAS Ciujung juga beberapa pohon disalurkan ke Polsek-polsek yang ada di Kab. Lebak. (HMSLBK/bukan adv/ LLJ)

Copyright @2016 FBn