Pokja Relawan Pandeglang Kembali Gelar ERP 2018

0
158

Pandeglang, fesbukbantennews.com (4/12/2018 – Peringati Hari Relawan Internasional yang setiap tahunnya diperingati dari sejak tanggal 5 Desember 1986, tahun ini Pokja Relawan Pandeglang pun tak ketinggalan kembali mengadakan kegiatan Ekspedisi Relawan Pandeglang (ERP 2018). Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Desember 2018. Mendatang selama 3 Hari.

ERP 2018.

Meskipun masih bertajuk Ekspedisi namun pemilihan lokasi ERP tahun ini tidak lagi ke ujung pulau jawa Pandeglang seperti tahun lalu.

“ERP Tahun ini kami tidak memilih lokasi yang terlalu jauh dengan medan yang menantang seperti pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Walaupun begitu semoga tidak mengurangi esensi dan semangat teman-teman Pokja Relawan Pandeglang untuk terus bergerak dan memberi manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Pandeglang,” Ujar ketua pelaksana ERP 2018, Dede ,Senin (3/12/2018).

Menurut Dede, untuk penentuan lokasi salah satu pertimbangan lainnya adalah karena masih banyaknya masyarakat Pandeglang yang meski lokasinya tidak begitu jauh dengan pusat kota namun tingkat kesejahteraannya masih sangat rendah. Meskipun sempat mengalami kebingungan untuk menentukan lokasi yang pas, akhirnya panitia sepakat untuk melaksanakannya di daerah Kp. Janaka, Desa Jayamekar, Kecamatan Jiput.

Acara ERP Tahun ini juga akan diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya santunan lansia dhuafa, Jambore 100 anak, pemeriksaan mata dan screening katarak gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, aksi bersih-bersih lingkungan, kemping ceria dan malam keakraban relawan.

Menurut data yang di dapat dari pihak Panitia dari aparatur desa, jumlah lansia mencapai 150 orang. Namun data tersebut akan di pilah lagi dan diprioritaskan penerima santunan adalah untuk lansia dhuafa, mengingat masih terbatasnya dana yang terkumpul.

Secara garis besar isi kegiatan ERP 2018 tahun ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan tahun 2017sebelumnya. Hanya saja tahun ini ada beberapa penambahan sub kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan juga pemeriksaan kesehatan mata dan screening katarak bekerjasama dengan Rumah Sakit Achmad Wardi (RSAW) Banten.

Selain penambahan isi kegiatan, untuk melengkapi rangkaian acara aksi bersih-bersih lingkungan Pokja Relawan Pandeglang menggandeng serta Trash Bag Community untuk bergabung. Trash bag community merupakan salah satu komunitas peduli lingkungan yang cukup konsen dengan permasalahan lingkungan di Pandeglang dan giat melakukan edukasi lingkungan baik ke anak sekolah maupun masyarakat.

Semoga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan yang paling utama adalah dapat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat.(ank/ LLJ)