PLT Gubernur Banten Ajak Warga Tingkatkan Pemahaman Nilai Luhur Pancasila

0
187

Serang fesbukbantennews.com (20/1/2017) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Nata Irawan mengajak masyarakat banten untuk menggugah kembali ingatan dan pemahaman terhadap nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ideologi pancasila yang menjadi perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Plt Gubernur BantenNata Irawan pada acara seminar sehari kewawasan kebangsaan.

 

 

 

“Nilai luhur itu meliputi toleransi dalam menganut agama dan kepercayaan, menghargai hak asasi manusia, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, musyawarah untuk mufakat, dan menjunjung tinggi rasa keadilan sosiasl,” jelas Nata Irawan pada acara seminar sehari kewawasan kebangsaan bertajuk “Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa” yang di gelar di ruang serba guna DPRD Banten, Kamis (19/01/2017).

 

 

 

Menurut Nata, nilai-nilai luhur ini juga harus diamalkan oleh setiap generasi dimasa yang akan datang.

 

 

 

“Generasi boleh datang silih berganti, tetapi ideologi Pancasila tidak boleh mati. Mari kita tetap pertahankan Pancasila sebagai ideology bangsa,” tegasnya dihadapan ratusan peserta yang berasal dari berbagai kalangan.

 

 

 

Menurutnya, banyak negara yang hancur oleh lemahnya ideology yang mereka anut. Contoh yang bisa diambil adalah dua negara besar yaitu Uni Soviet dan Yugoslavia yang kini runtuh terpecah-pecah karena perbedaan ideologi dan berakhir dengan perang saudara.

 

 

 

“Pertistiwa yang menimpa kedua negara tersebut dapat memberi pelajaran kita semua dalam menguatkan dan memperkokoh ideologi Pancasila sebagai pegangan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

 

 

 

Nata melanjutkan, kurun waktu belakangan ini tidak dapat dipungkiri bahwa pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap ideologi pancasila sudah mulai luntur, bahkan para pelajar dan mahasiswa juga ada yang tidak hafal dan memahami lima sila dari Pancasila. Padahal sebagai ideologi, pancasila penting untuk senantiasa ditanamkan dalam hati  dan senantiasa dipupuk untuk menjaga kelangsungan kehidpuan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

 

 

 

“Sejarah mencatat, begitu banyak cobaan kepada bangsa Indonesia, baik datangnya dari dalam maupun luar negeri. Namun dengan dieologi pancasila cobaan tersebut dapat kita hadapi dan NKRI tetap tegak seperti saat ini,” ucapnya.

 

 

 

Menurut Nata,  seminar ini juga sebagai upaya Pemprov Banten untuk menggugah kembali ingatan dan pemahaman terhadap nilai luhur yang terkandung dalam ideologi Pancasila.

 

 

 

“Ideologi Pancasila tidak boleh mati,  mari kita pertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa,” katanya.

 

 

 

Hadir pada kesempatan ini, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Sekda Banten Ranta Suharta dan Kepala SKPD, Forkompida, Kiyai dan Ulama, tokoh pemuda dan masyarakat.(hms btn/LLJ)