Perwakilan Muslim Afrika Selatan Kunjungi Banten

0
340

Serang,fesbukbantennews.com (22/12/2015) – Perwakilan dari Afrika Selatan mendatangi Banten untuk menelusuri jejak riwayat Syekh Yusuf. Mereka terdiri atas sejumlah akademisi, jurnalis, dan mahasiswa dari Afrika Selatan.

Gubernur Banten Rano Karno menerima kunjungan perwakilan muslim Afrika Selatan.(foto: humas Setda pemprov Banten)
Gubernur Banten Rano Karno menerima kunjungan perwakilan muslim Afrika Selatan.(foto: humas Setda pemprov Banten)

 

Kunjungan tersebut diterima oleh Gubernur Banten Rano Karno, Kepala Biro Pemerintahan Siti Ma’ani Nina, Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Fauzul Iman, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Sholeh Hidayat, dan tokoh masyarakat Embay Mulya Syarif di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Senin (21/12/2015).

 

Dalam kesempatan tersebut, Abdurahman Dudung, Ketua Rombongan dari Konsulat Jendral Indonesia di Afrika Selatan mengatakan, beberapa orang dari rombongan ini merupakan keturunan langsung dari Syekh Yusuf. Menurutnya, rombongan dari berbagai kalangan ini tengah menjalani program mengunjungi tempat bersejarah yang menjadi asal usul Syekh Yusuf.

 

“Sebelum kunjungan ke Banten, rombongan melakukan kunjungan ke PP Muhamadiah, PBNU, dan besok akan ke Cirebon, untuk mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad,” ujarnya.

 

ia melanjutkan, penulusuran riwayat Syekh Yusuf ini dilakukan karena Syekh Yusuf mempunyai peranan penting di Afrika, dan menjadi salah satu inspirasi tokoh besar di Afrika Selatan yaitu Nelson Mandela.

 

“Mahasiswa yang mengikuti rombongan ini pun adalah mahasiswa yang tengah menyelesaikan penelitian tentang Syekh Yusuf,” ujarnya.

 

Menyambut kedatangan ini, Rano Karno mengaku senang dengan kedatangan saudara dari Afrika Selatan yang juga keturunan Indonesia. Dirinya juga berharap dengan adanya kunjungan seperti ini menjadi awal hubungan yang lebih akrab antara Afrika Selatan dan Indonesia.(hmsbtn/bknadv/LLJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here