Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Peringati Maulid Nabi di Kebumen, AHY Ajak Warga Pedomani Karakter Nabi Muhammad
AHY di Tengah jamaah pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad di kebumen .(ist)

Peringati Maulid Nabi di Kebumen, AHY Ajak Warga Pedomani Karakter Nabi Muhammad

Kebumen, fesbukbantennews.com (26/11/2018) – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak ribuan jamaah Thoriqoh Syadziliyyah untuk memedomani karakter dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Ajakan itu disampaikan Komandan Kogasma Partai Demokrat tersebut saat menghadiri acara Haul sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H di Pondok Pesantren Al Falah, Somalangu, Sumberadi, Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (25/11) siang.AHY di Tengah jamaah pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad di kebumen .(ist)

“Yang pertama, _shidiq_. Saya hanya ingin mengingatkan diri sendiri dan kita semua untuk terus berupaya benar dalam kata dan perbuatan. Mudah-mudahan kita semua bisa saling mengingatkan untuk terus menjaga ini, terutama para pemimpin kita. Insya Allah di depan Bapak Ibu sekalian, hadir para calon wakil rakyat dari Partai Demokrat. Mudah-mudahan mereka juga bisa menjaga sifat ini,” kata AHY dalam sambutannya.

“Kedua, amanah. Tentu kita juga berharap, seperti Nabi Muhammad, para pemimpin kita, para wakil rakyat kita juga dapat dipercaya, selalu bisa menjaga amanahnya. Kita berharap hadir pemimpin yang benar-benar bisa menegakkan keadilan di negeri ini. Karena kita tidak boleh membiarkan ketidakadilan, kezaliman merajalela,” paparnya.

Berikutnya adalah _tabligh_, atau menyampaikan kebenaran. AHY mengajak para jamaah untuk berani berbicara. “Jangan takut. Saya yakin Pondok Pesantren Al-Falah ini menanamkan tidak hanya pengetahuan tapi lebih penting lagi akhlak yang mulia dan juga rasa keberanian untuk menyuarakan kebenaran, untuk melawan ketidakadilan, melawan kezaliman. Janganlah takut,” tegas AHY.

Yang terakhir, _fatonah_, cerdas dalam arti yang luas. AHY menjelaskan bahwa fatonah meliputi kecerdasan secara intelektual, sertai juga kecerdasan secara emosional. “Kita harus bijak melihat berbagai peluang zaman hari ini, yang hadir dengan tantangan dan permasalahannya sendiri. Dengan kecerdasan tadi, kita akan terus mencari jalan yang terbaik,” ujar AHY.

AHY mengajak para jamaah untuk bersama-sama menentukan nasib bangsa ini dengan cara menggunakan hak pilih pada pemilihan umum mendatang. “Mudah-mudahan kalau kita menggunakan hati nurani, dengan menggunakan akal pikiran yang sehat, kita bisa memberikan dukungan kepada para calon-calon wakil rakyat, dan juga pemimpin negeri ini yang insya Allah memiliki karakter dan kriteria Nabi Muhammad SAW tadi, yang shidiq, amanah, tabligh dan fatonah,” tutur AHY.

Pada kesempatan itu, AHY juga mengucapkan rasa belasungkawanya kepada keluarga besar Ponpes Al-Falah atas berpulangnya ke Rahmatullah, Alm. KH Musyaffa Ali pada pertengahan November lalu. “Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan kita semua keluarga besar yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan, kesabaran, ketegaran. Dan yang paling penting adalah tentunya beliau ingin kita semua, generasi selanjutnya meneruskan apa yang beliau perjuangkan untuk umat, untuk bangsa Indonesia yang kita cintai bersama,” kata AHY.

Haul dan peringatan Maulid Nabi ini dihadiri oleh santri-santri ponpes al Falah serta jamaah tarikat Syadziliah, salah satu tarikat resmi NU. Jamaah tarikat diperkirakan berjumlah 15 ribu orang dari Kebumen dan sekitarnya serta 25 ribuan dari luar Kebumen termasuk dari Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau lain. Alm. KH. Musyaffa Ali adalah Mursyid atau pimpinan tarikat Syadziliah ini.

Turut menghadiri Haul dan peringatan Maulid Nabi ini antara lain, pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Kyiai Haji Faiq Musyaffa, Hj. Sakhiyah Musyaffa, Pengasuh Ponpes Gus H Zulfian Ikfina yang merupakan caleg DPRD dapil Kebumen dari Partai Demokrat, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berama Ani Yudhoyono, Bupati Banjarnegara Budi Sarwono, Mantan Menpora Andi Malarangeng, Ketua DPD Jawa Tengah Partai Demokrat Rinto Subekti, dan calon anggota DPR RI Partai Demokrat dapil Jateng VII Lasmi Indaryani.

Usai menghadiri Haul dan peringatan Maulid Nabi, AHY, SBY, beserta rombongan menuju ke makam keluarga pendiri Pondok Pesantren Al Falah untuk berziarah ke makam Alm. K.H. Musyaffa Ali. Setelah menempuh jarak sekitar 3 km, rombongan tiba di lokasi makam keluarga yang juga merupakan lokasi cagar budaya, dimana puluhan warga setempat telah menunggu rombongan untuk menyapa dan ikut berziarah. Setibanya di tempat makam, AHY, SBY, Ani Yudhoyono, dan rombongan membacakan doa dan menaburkan bunga di atas makam sebelum akhirnya meninggalkan lokasi untuk melanjutkan acara berikutnya. (bcr/csa/bknADV/LLJ)

Copyright @2018 FBn