Peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten di Banten Lama Meriah

0
221

Serang fesbukbantennews.com (5/10/2018) – Hari ini Provinsi Banten berumur 18 tahun. Dalam momen ini, Pemprov Banten melaksanakan peringatan tidak seperti biasanya. Ribuan masyarakat mulai dari pejabat, ASN, dan masyarakat umum memenuhi Kawasan Situs Kesultanan Banten (Banten lama-red) di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis, (04/10/2018) pagi. Peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten sengaja digelar di Kawasan Situs Kesultanan Banten atas inisiatif Gubernur Banten Wahidin Halim. Menurut Gubernur WH saat ini Pemprov Banten sedang merevitalisasi kawasan peninggalan Maulana Hasanudin.

Kondisi Banten Lama terkini. (ARTP/ist).

“Ini titik awal bagaimana kita berjuang untuk Banten. Program  revitalisasi ini baru sepertiga dari program kita,” ucap Gubenur WH saat memimpin apel peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten.

Menurut WH sapaan akrab Gubernur, cita-cita pendiri Banten menurutnya harus diwujudkan dengan semangat. Revitalisasi kawasan di Kesultanan Banten Lama menurutnya bisa jadi titik awal bagi kemajuan daerah.

“Ini jadi inspirasi bagi kita mengembangkan Banten di tengah keterbatasan. Banyak tokoh Banten yang terkenal di dunia internasional. Hari ini saya sengaja mengundang ke sini untuk mengenang tokoh Banten dan pendiri Banten,” katanya.

 

Gubernur WH menjelaskan peringatan hari jadi provinsi di kawasan bekas kesultanan Banten. “Sejarah Banten berawal dari sini dan sempat menjadi terkenal seantero negeri dan Timur Tengah,” ujarnya.

Gubernur WH juga mengingatkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Pemprov Banten untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakata banten.

“Hari ini kita patrikan pada diri kita, punya tekad yang kuat ayo kita bangun banten, tidak besok, hari ini dengan tekad bersama,” ajak Gubernur.

Di HUT ke 18 Banten ini, Gubernur Wahidin mengaku bertekad bangun Banten lebih baik. Pejabat yang korupsi menurutnya akan dipecat bahkan  pejabat yang malas akan diberikan sanksi tegas.

“Hari ini saya undang untuk hadir merasakan bagaimana mulanya perjuangan Sultan. Ayo sepakati para ASN, para pegwai republik Indonesia dan termasuk juga jajaran para forum pimpinan daerah hari ini kita mulai harus kita tingkatkan, termasuk dengan Pak Ketua DPRD,  tidak ada alasan untuk tidak membangun Provinsi Banten,” Tegas Gubernur WH.

Sementara itu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berharap, Provinsi Banten di usianya yang ke-18 harus lebih baik lagi dan menjadi provinsi yang sejajar dengan provinsi lain di Indonesia yang telah maju.

“Harus lebih baik lagi, dari sisi pelayanan kepada masyarakat, sisi pembangunan dan infrastruktur agar masyarakat banten lebih maju lagi,” kata Wagub.

“Yang terpenting adalah partisipasi, dorongan dan dukungan dari masyarakat banten menjadi kekuatan bagi kami Pemprov Banten untuk dapat mengaplikasikan kebijakan pembangunan, baik dari sisi pelayanan publik termasuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya,” sambung Andika.

Peringatan HUT ke-18 ini juga digelar beberapa acara lainnya seperti, ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanudin, atraksi pencak silat, atraksi paramotor yang mengelilingi kawasan banten lama, pesta rakyat, pengobatan gratis, lomba panjat pinang, panjang mulud, atraksi rampak bedug, tari terbang gede, launching aplikasi Jawara dan makan jajanan gratis untuk warga.

Selain Gubernur dan Wakil Gubernur tampak hadir Pimpinan DPRD Banten, Kapolda Banten, Danrem 064/MY Serang, Tokoh pendiri banten, tokoh masyarakat, dan ribuan masyarakat banten.(ARTPbanten/bknADV/LLJ).