Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Pergantian Sekda Menurut Rano Hal Yang Biasa

Pergantian Sekda Menurut Rano Hal Yang Biasa

Serang,fesbukbantennews.com (26/8/2015) – Kepastian mengenai dicopotnya Kurdi Matin dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten telah diungkap langsung oleh Gubernur Banten, Rano Karno. Ia bahkan mengungkapkan beberapa evaluasinya terhadap Sekda Banten Kurdi Matin yang baru tujuh bulan mendampinginya memimpin Pemerintahan di Provinsi Banten. 

Rano Karno saat diwawancarai wartawan.(dok : FBn)

Rano Karno saat diwawancarai wartawan.(dok : FBn)

“Sebetulnya saya adalah orang yang paling kecewa kalau ini terjadi. Karena saya merasa (dan) berharap dia bisa membantu saya, sejak awal,” kata Rano kepada wartawan, Selasa (25/8/2015).

Menurut Rano, Sekda yang merupakan jabatan tertinggi di birokrat, adalah administrator yang mengatur tatanan birokrasi.

“Sekda itu sebetulnya manajer loh, dia manajer. Nggak harus dia pergi-pergi, harus istirahat. (Sebagai) tukang masak, apa yang kita pesan makanan, harus digodog. Tugas utama kan di situ. Iya kan?,” ujarnya. Mengenai pergantian Sekda Banten, Rano menegaskan hal tersebut adalah biasa, sebagai kebutuhan organisasi.

“Ini biasa, hal yang sangat biasa. Saya mau ganti sekda, saya mau ganti kepala dinas, itu sangat biasa dalam dunia birokrat. Dan PNS itu harus siap ditempatkan di mana saja. Cuma kan bedanya, sekda harus persetujuan presiden. Betul Pak Sekda bilang bahwa saya tidak bisa memberhentikan dia. Yang bisa memberhentikan dia kan presiden, kan gitu. Tapi saya kan bisa merekomendasi,” tutur Rano.

Namun demikian, Rano menegaskan penggantian dan penunjukan Sekda Banten dilakukan karena kebutuhan organisasi dan mengacu pada aturan. “Kalaupun ada penggantian, bukan karena saya suka tidak suka, karena memang kebutuhan. (Dan) soal kinerja juga,” katanya.

Saat ditanya penjabat Sekda Banten pengganti Kurdi Matin, Rano enggan menjawab.

“(Yang pasti) tidak mungkin Plt. Kalau kebanyakan Plt, nggak bisa kerja. Apalagi presiden instruksiin ini harus ada percepatan. Saya mencari orang yang bisa bekerja untuk mendampingi percepatan,” ujar Rano.

Kemudian bagaimana dengan posisi Kurdi Matin? “Nanti kita lihat, karena beliau sudah eselon satu. Sebagai sekda selesai, kalau yang lain sebagai apa, nanti sesuai mekanisme ASN,” tandasnya.(fiek/LLJ).

Copyright @2016 FBn