Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Pemprov Banten Komit Bangun Sektor Kelautan dan Perikanan
Gubernur Banten beri bantuan kepada nelayan di Teluk,Labuan,Pandeglang.(Foto:Humas Setda Pemprov Banten)

Pemprov Banten Komit Bangun Sektor Kelautan dan Perikanan

Pandeglang,fesbukbantennews.com (2/9/2016) – Pemerintah Provinsi Banten terus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan pada sektor kelautan dan perikanan. Hal ini ditegaskan Gubernur Banten Rano Karno saat menghadiri tasyakuran nelayan Labuan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPI) yang digelar Paguyuban Nelayan Desa Teluk di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Kamis, (1/9) siang.

Gubernur Banten beri bantuan kepada nelayan di Teluk,Labuan,Pandeglang.(Foto:Humas Setda Pemprov Banten)

Gubernur Banten beri bantuan kepada nelayan di Teluk,Labuan,Pandeglang.(Foto:Humas Setda Pemprov Banten)

Menurut Gubernur, sebagai wujud perhatian Pemprov terhadap keberadaan nelayan di PPI Labuan, sejak tahun 2007 pihaknya melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah merubah PPI menjadi pelabuhan perikanan pantai.

“Kita juga telah melegalisasi profesi nelayan melalui program kartu nelayan, sehingga para nelayan disni harus memilik kartu nelayan, karena banyak manfaat yang akan didapat,” kata Gubernur.

Menurutnya, tahun ini Pemprov Banten bersama dengan pemerintah Kabupaten/Kota serta kementrian kelautan dan perikanan memberikan asuransi bagi nelayan yang telah memiliki kartu nelayan sebanyak 16.650 orang se-banten dan khusus di Kabupaten Pandeglang ditargetkan sebanyak 5000 orang nelayan.

“Bapak dan ibu kita akan berjuang sekuat tenaga untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir lainnya. Tentu dengan meningkatkan infrastruktur dasar sektor kelautan dan perikanan dalam hal ini ketersediaan pelabuhan yang memadai, dukungan permodalan dan sarana pendukung usaha perikanan,” ucapnya dihadapan ribuan nelayan dan warga pesisir teluk labuan.

Gubernur melanjutkan, berdasarkan data dan capaian indikator kinerja utama Provinsi Banten, tercatat bahwa produksi kelautan dan perikanan tahun 2015 mencapai 68,748,9 ton atau tercapai 101.06 persen di tahun 2015.

“Banten memiliki potensi laut yang besar, dimana kita berada di 3 wilayah laut yang berbeda dan memiliki sumberdaya yang melimpah. Potensi yang luar biasa ini perlu dimanfaatkan sebagai wujud dan rasa syukur kepada allah SWT,” ucapnya.
Sementara, bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita mengaku bersyukur atas diselenggarakannya tasyakuran nelayan Kecamatan Labuan. Kegiatan yang digelar setiap tahun oleh nelayan Labuan ini sebagai perwujudan rasa syukur atas berbagai nikmat yang telah diberikan sang pencipta.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk nikmat Allah yang patut kita syukuri. mudah-mudah kedepan Provinsi Banten dan khususnya Kabupaten Pandeglang bisa lepas dari daerah tertinggal di bawah kepemimpinan bapak Gubernur Rano Karno,” kata Irna.

Irna juga mengatakan, Pemkab Pandeglang siap mendukung Guburnur Banten Rano Karno dalam pelaksanaan program pemerintah pusat di wilayahny dan berharap program pemerintah pusat berupa Tol Serang-Panimbang dapat segera terlaksana dengan segera.

“Yang pasti program-program Provinsi Banten atau program nasional untuk Kabupaten Pandeglang harus kita dukung,” katanya

Dalam sambutannya, Irna sempat memuji kinerja Gubernur Banten Rano Karno, khususnya untuk pengawalan 12 proyek nasional, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang. “Program-program itu harus kita dukung, masyarakat juga harus mendukung Pak Gubernur Banten (Rano Karno),” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Pemprov Banten memberikan sejumlah bantuan kepada nelayan dan warga pesisir di Desa Teluk, antara lain bantuan alat kebersihan, buku pelajaran tentang laut dan cerita anak sekolah, bantuan makanan ringan, bantuan rumah tidak layak huni, bantuan paket tas dan buku, bantuan tong composer serta tong sampah organik.(hmsBanten/bukanADV/LLJ).

Copyright @2016 FBn