Templates by BIGtheme NET
Home » Banten » Pemkab Lebak Nyatakan Serius untuk Sukseskan Swasembada Pangan
Rapat Koordinasi Bidang Pertanian Tingkat Kabupaten Lebak Tahun 2017, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Selasa (18/4/2017).

Pemkab Lebak Nyatakan Serius untuk Sukseskan Swasembada Pangan

Lebak,fesbukbantennews.com (18/4/2017– Dalam upaya mesukseskan dan mewujudkan program ketahanan Pangan Nasional  dan Swasembada Pangan Daerah khususnya Kabupaten Lebak,  Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati H. Ade Sumardi menggelar Rapat Koordinasi Bidang Pertanian Tingkat Kabupaten Lebak Tahun 2017, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Selasa (18/4/2017).

Rapat Koordinasi Bidang Pertanian Tingkat Kabupaten Lebak Tahun 2017, di Aula Multatuli Setda Lebak, Rangkasbitung, Selasa (18/4/2017).

Bupati mengatakan bahwa sektor pertanian memiliki peran sangat penting dan telah memberikan kontribusi cukup besar  bagi pembangunan daerah di kabupaten Lebak, untuk itu dalam rapat koordinasi ini bersama-sama kita merencanakan, menyamakan persepsi dan mencari solusi atas permasalahan dan berinovasi untuk percepatan pembangunan dibidang pertanian agar terwujudnya swasembada pangan daerah serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan terhadap masyarakat khususnya masyarakat kabupaten lebak.

” Mengingat begitu pentingnya sektor pertanian, maka kami Pemerintah Kabupaten Lebak memberi perhatian yang sangat serius terhadap pembangunan di sektor ini “. Ujar Bupati Iti dalam sambutannya dihadapan seluruh peserta rapat.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan besarnya potensi di sektor pertanian disebabkan beberapa faktor yaitu ketersediaanya potensi sumber daya alam yang besar dan beragam, pangsa pasar yang tersedia, letak kota strategis karena dekat dengan ibukota dan besarnya penduduk di Kabupaten Lebak yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.

Selain itu, Bupati menjelaskan terdapat keunggulan-keunggulan komparatif dalam sektor pertanian yang dimiliki kabupaten lebak seperti luas lahan yang besar terbesar di provinsi Banten  serta iklim/cuaca kabupaten  lebak di tahun 2017 ini yang menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) diperkirakan normal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya sehingga mendukung untuk tanaman padi, jagung, kedelai serta tanaman lainnya dengan resiko kekeringan yang lebih kecil dibanding tahun sebelumnya.

Bupati berharap hasil rapat koordinasi ini mampu mempercepat pembangunan di sektor pertanian di Kabupaten Lebak demi terwujudkan  masyarakat Lebak  yang Sehat dan Sejahtera.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak Dede Supriatna dalam sambutannya menuturkan melalui program Upaya Khusus ( Upsus)  tiga komoditas utama yakni padi jagung dan kedelai ( Pajale), pemerintah bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan dalam tiga tahun ini dan pendampingan/pengawasan Upsus sangat perlu dan penting dilakukan dalam upaya pencapaian target produksi.

” Segala strategi dan upaya akan kami lakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di Kabupaten Lebak.”Ungkapnya.

Rapat koordinasi bidang pertanian Tahun 2017 juga dihadiri ole Sekda Lebak, Kepala OPD , Dandim 0603 Lebak, seluruh camat Lebak, Kepala Upt Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian.(hmslebak/bknADB/LLJ)

Copyright @2018 FBn