Pekan Depan, Ribuan Warga Baduy Gelar Ritual Seba

0
218

Serang,fesbukbantennews.com (20/4/2017) – Sebanyak 2.000 warga baduy luar dan dalam di Desa Kanekes, Kecamatan Luwidamar, Kabupaten Lebak akan melaksanakan ritual seba baduy yang akan di mulai dari tanggal 28-30 April 2017 mendatang.

Seba Baduy di pendopo Gubernur Banten.(Sok FBn)

“Dua ribu warga Baduy tahun ini akan mengikuti seba baduy, nantinya prosesi akan diawali di Kabupaten Lebak dan dilanjutkan ke Provinsi, (Banten)” kata Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati kepada wartawan, Rabu (19/4/2017).

Ia menjelaskan, nantinya warga baduy luar akan menggunakan kendaraan, sedangkan warga baduy dalam masih tetap mempertahankan tradisi dengan berjalan kaki sambil membawa hasil bumi ke Kantor Bupati Lebak dan dilanjutkan ke Pendopo Provinsi Banten.

Perjalanan sepanjang 115 Kilometer akan ditempuh demi bertemu dan menjalankan tradisi turun menurun dari para leluhur mereka.

“Ini juga sebagai tujuan wisatawa lokal dan mancanegara, karna perayaan seba baduy sangat unik dan turun menurun dari para leluhur mereka,” ujarnya.

Ritual Seba yang digelar setiap tahun ini sebagai ungkapan rasa syukur atas limpaha rezeki dan berbagi hasil bumi dengan Ibu Alit (Bupati Lebak Iti Octaviani) dan Bapak Gede (Pejabat Gubernur Banten Nata Irawan).

Dalam perayaan Seba itu, mereka antara lain menyerahkan hasil bumi seperti beras ketan, pisang, gula aren, petai, dan buah-buahan.

Selain itu, seba baduy juga sebagai ajang curhat warga Baduy dengan kepala daerah terkait persoalan yang ada, sehingga ditindak lanjuti oleh pemerintah.

“Penyambutan akan kita lakukan dengan menyiapkan hiburan semalam suntuk seperti, pagelaran wayang di pendopo lama gubernur banten,” tukasnya.(dhow/LLJ)